Hari Jadi Sidoarjo ke-163, Aplikasi Sipraja Versi 3.0 Dilaunching
Sebagai kado hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke-163, Forkopimda Sidoarjo meluncurkan aplikasi SiPraja versi 3.0 di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo.
Aplikasi SiPraja versi 3.0 merupakan mal pelayanan publik berbasis virtual yang sudah dikembangkan dari versi sebelumnya, yakni 2.0. Di mana, pada layanan SiPraja versi 3.0 ini ada tambahan layanan instansi vertikal seperti layanan konsultasi hukum virtual dengan instansi Kejaksaan Negeri Sidoarjo.
“Mal pelayanan publik virtual Sipraja 3.0 ini semakin mendekatkan layanan pemerintah kepada masyarakat. Ini adalah jawaban bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat melalui kemudahan kanal di setiap sisi pelayanan pemerintah,” ujar Muhdlor usai meluncurkan Sipraja 3.0 di Pendopo Delta Wibawa.
Adapun layanan yang disediakan SiPraja 3.0 antara lain adalah SKCK Online dari Polresta Sidoarjo, layanan ZNT (Zona Nilai Tanah) dari intansi Badan Pertahanan Nasional (BPN), layanan paspor, layanan pembayaran tagihan air PDAM, layanan pembayaran tagihan listrik PLN, layanan pengiriman barang dan surat PT. Pos Indonesia, layanan pembayaran pajak kendaraan Samsat Jatim (Bapenda Jatim), layanan perbankan Bank Jatim.
Layanan perbankan BPR Delta Artha, layanan tagihan Telkom, layanan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Serta layanan Instansi Pemkab Sidoarjo seperti Dispendukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial yang membuka layanan lapor bantuan sosial dan layanan Dinas komunikasi dan Informatika yang melayani pengaduan 24 jam.
“Sidoarjo di usia ke-163 bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada warganya. Pelayanan yang baik, cepat, transparan dan siaga. Pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Target pembangunan yang sudah kita rencanakan di tahun 2022 akan kita tuntaskan," imbuhnya.
Penandatanganan komitmen dalam peningkatan mal pelayanan publik virtual pada Sipraja 3.0 dilandasi dengan penandatanganan kerja sama antara Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dengan instansi vertikal terkait. Di antaranya Polresta Sidoarjo, Kejari Sidoarjo, Pengadilan Negeri Sidoarjo, PT. Pos Indonesia, PDAM, PT. Pos Indonesia, Badan Pendapatan Provinsi Jawa Timur, Kantor Imigrasi Khusus Kelas 1 Surabaya, KCU Bank Jatim Sidoarjo, BPN Sidoarjo.
Bupati Mudlor berharap, Sidoarjo yang menginjak usia 163 tahun ini memberikan pelayanan yang transparan, cepat dan akuntabel. Oleh karenanya, Muhdlor mendorong para jajarannya (ASN Sidoarjo) serta mengajak kepada para stakeholder untuk saling kolaboratif antara instansi Pemkab Sidoarjo dengan instansi vertikal dalam rangka melayani masyarakat.
"Karena masih banyak PR Sidoarjo ini yang butuh penyelesaiannya dengan cepat. Seperti mengurai kemacetan, penataan taman-taman, penanganan banjir jangka panjang, infrastruktur jalan beton dan peningkatan SDM, itu semua butuh percepatan,” pungkas Muhdlor.