GoFood Kembangkan Inovasi Pengiriman Makanan Tanpa Bertemu
Dampak dari penyebaran virus corona di Indonesia, aplikasi Gojek berpartisipasi dalam penyebaran virus mematikan tersebut. Salah satunya adalah mengeluarkan opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik.
"Opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung ini menjadi salah satu solusi cepat yang kami kembangkan untuk meningkatkan pengalaman berkuliner di rumah yang aman, tenang, dan nyaman," Ucap Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer dalam keterangan tertulis yang diterima Ngopibareng, Jumat, 20 Maret 2020.
Opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung ini, berupa tambahan opsi teks pesan cepat 1 pada fitur chat di dalam pesanan GoFood antara pelanggan dan mitra driver pengantar makanan di masa pandemi global penyebaran virus corona kali ini.
"Secara proaktif dan konsisten kami melakukan berbagai upaya untuk memastikan keamanan pada seluruh ekosistem Gojek," lanjutnya.
Lebih lanjut Catherine mengatakan, layanan baru ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan GoFood dalam mendukung imbauan pemerintah bagi masyarakat untuk beraktivitas.
"Termasuk layanan GoFood melalui langkah proaktif meminimalisir penyebaran virus corona," tambahnya.
Berikut ini 3 tahap bagi pelanggan GoFood agar dapat memilih pengantaran makanan tanpa kontak langsung melalui opsi teks pesan cepat di fitur Chat:
1. Sebelum menekan tombol pesan, pilih pembayaran non-tunai menggunakan GoPay atau PayLater untuk meminimalisasi terjadinya kontak langsung.
2. Setelah dipesan dan dapat driver, buka fitur chat dari dalam pesanan GoFood kamu untuk komunikasi sama driver, dan pilih salah satu pesan cepat yang sudah kami sediakan:
“Tolong taruh di depan pagar/pintu, dan kabari ya kalo udah sampai”
“Tolong titip di lobi, dan kabari ya kalo udah sampai”
3. Bila pelanggan memilih opsi contactless delivery ini, mitra driver akan mengirimkan foto via chat sebagai bukti bahwa makanan telah diletakkan di tempat yang disepakati.