Giant New Propel, Lebih TCR Daripada Propel?
Tony Martin, mantan pembalap profesional mengupload foto di media sosialnya menggunakan Giant Propel baru. Memang di list UCI sudah terdaftar Giant Propel model 2023.
Tony Martin menggunakan sepeda baru itu yang diyakini bernama New Propel Advenced SL dari Trondheim di bagian utara Norwegia menuju Oslo di bagian selatan. Sejauh 500 km.
Secara geometri, masih tetap sangat Propel. Sepeda aero dari Giant. Sayangnya tidak terlihat perubahan stem karena tertutup lengan dari Tony Martin. Padahal banyak pengguna Propel yang menginginkan adanya perubahan di stem ini.
Sedangkan fork dan headtube tidak terlalu banyak berubah. Hanya ukuran headtube yang jadi jauh lebih tinggi. Dan ini merupakan trend untuk frame-frame aero dengan headtube yang besar.
Hal ini terjadi karena UCI mengizinkan adanya perubahan aspek rasio perbandingan geometri sepeda. Yang membuat sepeda jadi nampak lebih nyaman. Dan cyclist lebih rileks.
Untuk downtube, tidak terlalu kelihatan ada perubahan besar. Dan Propel memang pionir untuk area bottom bracket yang besar dan kokoh. Nampak di Propel yang versi beredar saat ini.
Sedangkan New Propel ini sepertinya mengurangi ukuran besar dari bottom bracket. Harus dilihat lagi lebih mendetil apabila sepeda ini sudah dirilis. Karena tidak terlalu jelas apabila hanya melihat dari foto ini.
Tak hanya area bottom bracket, area seat stay juga terlihat mengecil. Tidak selebar dan sekokoh yang Propel beredar saat ini.
Posisi dropped seat stay juga berubah. Lebih turun daripada Propel yang sekarang. Paling nampak perubahan adalah di area seat tube bagian atas.
Seat tube ini nampak lebih kecil dan hilangnya area aero seperti yang ada di Propel saat ini. Digantikan dengan profil seat tube yang lebih kecil dengan seat post integrated. Juga hilangnya segitiga (compensation triangle) yang berada di persimpangan top tube seat tube.
Mengamati top tube, Propel baru ini horizontal tetapi dengan dimensi yang lebih kecil daripada Propel saat ini.
Secara keseluruhan, Giant sepertinya ingin membuat New Propel ini sebagai sepeda aero allrounder. Jadi satu sepeda untuk segala macam disiplin.
Dengan tubing yang mengecil itu, diharapkan bobotnya juga kian ringan. Jadi akhirnya New Propel ini akan mendekat ke varian Giant TCR (allrounder bike) daripada sepeda full aero. Kita tunggu launching resminya dari Giant.