GenPi Harus Lakukan Inovasi Destinasi Digital Agar Makin Instagramable
Destinasi digital terus berkembang dan dikembangkan.Generasi Pesona Indonesia (GenPI) sebagai pendukung full program-program Kemenpar pun berakselarasi tinggi di wilayah inovasi itu.
Nah di 2018 ini, GenPI menset dirinya agar lebih instagramable. Lebih ramah pada generasi zaman now dan lebih futuristik. Inovasi ini harapannya pasar GenPi akan lebih nge-hits dengan banyak like serta komen positif.
Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, konsep destinasi digital hanya bisa ditemui di Indonesia. Destinasi digital jadi konsep pembeda denganpariwisata negara lain. Tak heran jika kids zaman now memberi perhatian lebih terhadap destinasi ini.
Simak saja, taggar #CEOMessageDestinasiDigital menjadi trending topic di Twitter, pukul 09.41 WIB. Kesan destinasi digital semakin diperkuat setelah rapat koordinasi dilakukan secara live dari Kantor Kementerian Pariwisata melalui Youtube.
“Destinasi digital ini vital. Di banyak forum, destinasi digital terus sayapresentasikan. Destinasi ini akan mengakomodir kebutuhan kids zamannow, dan destinasi ini harus heboh di dunia maya, viral di media sosial,lalu nge-hits di instagram. Syarat utama membangun destinasi digitaladalah harus layak foto atau fotogenik,” kaya Arief Yahya.
Untuk menjawab semua tantangan, destinasi digital menyediakan 1.001 spot foto. Anglenya pun dibuat 360 derajat dan semuanya full dengan obyek foto.
Menteri Arief menambahkan, konseptor destinasi digital harus mengacu komposisi gambar untuk screen handphone. Tujuannya, untuk memuaskan capture foto pengunjung yang akan diviralkan.
“Spot foto harus melahirkan banyak impressions. Ketika orang berdiridi sana, sudutnya 360 derajat. Dari sudut manapun, dari atas sampaibawah, harus penuh dengan objek foto. Lebih penting lagi, bayangan para desainer destinasi digital mengacu ke komposisi screen handphone,” lanjutnya.
Konsep baru destinasi digital tersebut akan diterapkan di pasar milik GenPI. Formulasi ini juga menyempurkan konsep 3F, yaitu friends, followers, hingga fans.
Sejak triwulan ke-IV tahun lalu, destinasi digital sudah memiliki 7 Pasar GenPI. Arief mengatakan, Pasar GenPI nantinya harus mandiri. Jumlahnya untuk tahun 2018 ini akan terus dikatrol menjadi 100 Pasar.
Pasar GenPI diawali dari Kendal, Jawa Tengah, dengan nama Pasar Karetan. Aksi langsung digeber November lalu melalui Pesona FestivalKuliner Pasar Karetan.
Festival ini menyajikan 30 menu kuliner, adagendar pecel, bandeng cabut duri, urap mangrov, buntil, dan mangutmrengut. Jajanan pasar juga disajikan di sini. Kehadiran Pasar Karetan mendapatkan respons luar biasa dari masyarakat.
Sukses di Pasar Karetan menjalar ke tempat lain. Pasar Pancingan punmuncul di Lombok, lalu Padang memiliki Pasar Siti Nurbaya. Pasar Baba Boen Tjit ikut didirikan di Palembang, dan ada juga Pasar Tahura Lampung, Pasar Kaki Langit Yogyakarta, hingga Pasar Mangrove di Batam.
Namun, Menteri asal Banyuwangi ini menjelaskan, destinasi digital harus menggunakan treatment tidak biasa.
Mengawali tahun 2018, Pasar Kampung Bekelir diluncurkan di Babakan, Tangerang, Minggu (11/2). Pasar ini sangat instagramable. Ada banyakspot keren untuk selfie. Koneksi internetnya juga sangat bagus.
Pasar Kampung Bekelir memiliki menu yang bervariasi, mulai kuliner hingga aneka kerajinan. Beragam hiburan juga disajikan di sana. (*)