Generasi Pesona Indonesia Sumut Akhirnya Mengorbit
Daftar Generasi Pesona Indonesia semakin panjang. Generasi ini keren dengan sebutan GenPI. Terbaru GenPI Sumatera Utara (Sumut) resmi diluncurkan di Astari Hotel, Prapat, Sumatera Utara.
Launching GenPI Sumut dilakukan berbarengan dengan kegiatan farmtrip, 14-16 Februari. Peluncuran dihadiri Kabid Pemasaran Regional II Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Harianto.
Sementara Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi, Don Kardono, memberikan dukungan atas terbentuknya GenPI Sumut. Dukungan juga diberikan Pembina GenPI Mansur Ebo, hingga Kabid Pemasaran Regional II Haryono.
Kabid Aksesibilitas Pariwisata Widodo, dan Kasubbid Area 1 B Sumut Andhy Marpaung, juga memperlihatkan support-nya. Sedangkan perwakilan GenPI dari empat daerah, ikut memeriahkan peluncuran GenPI Sumut.
Empat daerah itu adalah GenPI Sumatera Barat, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, juga Palembang, Sumatera Selatan. “Support penuh diberikan bagi GenPI Sumut. Sebab, posisi GenPI sangat penting,” terang Harianto.
Sama seperti lainnya, GenPI Sumut merupakan mesin branding pariwisata. Komunitas inilah yang menjadi mata dadatelinga Kemenpar di Sumatera Utara.
Eksekusinya memakai konsep go digital. Terutama, memanfaatkan peran
media sosial. Bisa melalui blog, facebook, twitter, instagram, path, dan lainnya. Karena posisinya tersebut, GenPI sering disebut Laskar Digital Merah Putih.
“GenPI harus menuliskan semua hal menyangkut potensi pariwisata
daerahnya masing-masing. Mereka lalu memviralkannya melalui medsos.
Konsep seperti ini jauh lebih efektif, termasuk untuk menjual
destinasi Danau Toba,” jelas Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang
Komunikasi Don Kardono yang juga menjadi narasumber pada forum
bimbingan.
Menjalani agenda padat, GenPI Sumut beserta kolega lainnya menjelajahi
Danau Toba. Mereka berlayar memakai Kapal Pora-Pora. Kegiatan farmtrip
ini dimulai dari Pantai Bebas Prapat, Simalungun, menuju kawasan
Ambarita di Samosir. Mereka juga mengunjungi beberapa destinasi,
seperti Huta Siallagan. Ada juga Pasar Cinderamata Tomok hingga Makam
Raja Sidabutar.
Menteri Pariwisata Arief Yahya, berharap GenPI Sumut mempunyai formulasi ideal untuk memperkenalkan pariwisata.
“GenPI Sumut mungkin masih baru, tapi mereka memiliki potensi besar.
Mereka punya formulasi ideal untuk mempromosikan potensi
pariwisata. Konsep go digital ini sudah ideal. Sekarang kreativitas mereka yang diperlukan,” pungkas Menteri Pariwisata Arief Yahya. (*)
Advertisement