Gelar Pameran Ekspor, Malaysia Dorong Ekonomi Perdagangan Jatim
Tim ekonomi dan perdagangan Malaysia melalui MATRADE menggelar pameran 'Hybrid Export Acceleration Mission (EAM) 2021' pada 20-22 September 2021 di Hotel Westin Surabaya.
Pameran itu digelar untuk memamerkan produk asal negeri Jiran di bumi Jawa Timur dan Surabaya. Setidaknya ada 13 perusahaan asal Malaysia yang ikut andil dalam acara tersebut.
Mereka berasal dari berbagai sektor seperti makanan dan minuman, kosmetika, alat kesehatan dan bahan bangunan untuk memperkenalkan lebih jauh mengenai produk mereka.
Apalagi, di tengah mulai melandainya pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia langsung menginjak gas untuk percepatan ekonomi nasional. Terlebih Kementerian Perindustrian Indonesia berupaya mendorong beberapa industri khususnya berbagai jenis produk yang sangat dibutuhkan masyarakat luas.
Seperti makanan dan minuman juga alat-alat kesehatan agar menyiapkan diri untuk menyambut daya konsumsi masyarakat yang diprediksi dapat berkembang positif serta makin meningkat setelah pelaksanaan vaksin secara hampir menyeluruh.
Trade Commissioner MATRADE Jakarta Har Man Ahmad berharap, pameran yang bertema 'Hybrid Export Acceleration Mission on F&B, Lifestyle & Building Materials to Surabaya' itu bisa menjadi wadah untuk mempererat hubungan ekonomi dan perdagangan kedua belah negara.
"Sejalan dengan visi pemerintahan kami, dan berharap ini dapat menjadi satu titik permulaan yang berkesinambungan bagi meningkatkan perdagangan dua arah antara Malaysia dan Indonesia, terutama di Jawa Timur sebagai fokus baru untuk Malaysia," kata Har Man Ahmad.
EAM 2021 kali ini akan diawali dengan webinar dari instansi dan asosiasi terkait seperti Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) Surabaya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Timur, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur, dengan partisipan dari semua perwakilan perusahaan Malaysia yang dimulai dari tanggal 20 September 2021.
MATRADE akan memfasilitasi sesi mitra bisnis secarahybrid yang akan diadakan pada tanggal 21 September 2021, secara tatap muka di hotel The Westin Surabaya dan secara virtual pada tanggal 22 September 2022 melalui platform zoom.
"Gelaran ini menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan berbagai ragam produk Malaysia yang dapat melengkapi kebutuhan pertumbuhan industri di Indonesia," katanya.
Ia menyampaikan bahwa, misi MATRADE sendiri adalah untuk mempromosikan ekspor Malaysia untuk mengukir dan berkembang di pasar global. Mereka terus menyoroti perusahaan Malaysia yang memiliki kinerja positif di panggung internasional, membantu dan menjadikan 'Made-In-Malaysia' identik dengan keunggulan, kecakapan, dan kepercayaan.