Gandeng Spotify, Nama Stadion Barcelona Berubah
Barcelona berada di ambang penandatanganan kesepakatan sponsorship dengan Spotify, yang ditaksir mencapai 236 juta poundsterling. Andai kesepakatan ini terjadi, nama Camp Nou dipastikan berubah.
Sebelum melakukan negosiasi dengan Barcelona, Spotify lebih dulu mendekati Arsenal. Namun penawaran mereka ditolak mentah-mentah oleh The Gunners karena termasuk kewajiban mengubah nama stadion.
Bukan hanya kesepakatan sponsorship, pendiri Spotify, Daniel Ek, juga menjajaki kemungkinan untuk membeli klub itu dari pemilik saat ini, Stan Kroenke, pada tahun lalu.
Namun, keinginan itu bertepuk sebelah tangan, karena pemilik klub tak ingin menjualnya. Mereka juga tak bersedia menjalin kerja sama lantaran tak ingin nama stadion berubah. Alasan penolakan itu tak lain karena mereka telah melakukan kesepakatan dengan Emirates hingga akhir musim 2024/2025.
SportsProMedia melaporkan bahwa kesepakatan dengan maskapai ini bernilai sekitar 40 juta poundsterling per musim.
Penolakan itu pun membawa berkah bagi Barcelona. Sebab, Spotify akan menghabiskan banyak uang untuk kesepakatan sponsor. Apalagi, Barcelona sangat membutuhkan kucuran dana segar untuk mengatasi krisis keuangan yang mereka alami.
The Guardian melaporkan bahwa kesepakatan 236 juta poundsterling dengan Barcelona untuk sponsor di jersey dan hak penamaan stadion selama tiga musim mulai, terhitung mulai musim panas ini.
Stadion ini akan berganti nama menjadi Spotify Camp Nou. Dalam sejarah klub tersebut, ini merupakan pertama kalinya bagi Barcelona mengubah nama stadion.
Keputusan ini memang tak populer secara universal di kalangan penggemar Barcelona, tetapi keputusan yang bisa membuat mereka bersaing di pasar transfer di musim panas, dengan klub dikaitkan dengan langkah ambisius untuk membawa Erling Haaland dari Borussia Dortmund.
Arsenal, tentu saja, sudah memiliki kesepakatan hak penamaan dengan Emirates, yang akan berlangsung hingga akhir musim 2024/2025.