FISIP UB Perkuat Branding Destinasi Wisata Kayutangan Heritage
Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) melakukan rebranding pada destinasi wisata Kampung Kayutangan Heritage, Kota Malang. Langkah tersebut dilakukan agar geliat wisata di Kampung Kayutangan Heritage semakin kuat.
Sekretaris Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UB, Reza Safitri mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan agar para pelaku wisata di Kampung Kayutangan Heritage mengerti cara mempromosikan, serta pasar wisatawannya.
"Bentuk kegiatan yang sudah kami lakukan adalah terkait survei bekerjasama dengan Indopol untuk mengetahui perilaku pariwisata di Jatim seperti apa dan konsultan marketing Nava+ untuk memperkuat branding," ujarnya pada Senin, 14 Maret 2022.
Reza mengatakan bahwa tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan manfaat pengembangan ilmu dan teknologi agar selaras dengan pemenuhan dan kebutuhan pada dunia usaha.
"Maka dari itu kami menjalin komunikasi dengan pihak terkait untuk mampu mengembangkan wisata di Kampung Kayutangan Heritage ini," katanya.
Integrated Marketing Communications Nava+, Ignasius Seno mengatakan bahwa kehadiran wisata heritage Kampung Kayutangan selama ini belum terlalu dikenali oleh masyarakat.
Dari 202 responden yang telah dilakukan survey hanya 18 persen yang mengetahui destinasi wisata Kayutangan Heritage. Sementara yang paling banyak sebesar 56 persen mengetahui Kampung Warna-Warni Jodipan, lalu Jatim Park Group sebesar 47 persen.
Survei tersebut menyasar responden yang berusia 9 sampai 24 tahun atau yang akrab disebut dengan generasi z. Maka dari itu perlu branding yang kuat agar Kampung Kayutangan bisa dikenali oleh anak muda.
Maka dari itu kata Ignasius, pihaknya membranding Kayutangan dengan narasi Retropolitan yang menggambarkan sebuah daerah bersejarah di tengah kota yang mampu berkembang seiring zaman.
"Jadi kami membangun identitas Kampung Kayutangan Heritage dengan semangat vintage culture melalui romantisme tempo dulu," ujarnya.
Kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Kayutangan Heritage sudah diberikan sebuah website hingga video promosi wisata untuk dikelola lebih lanjut sebagai agenda memperkenalkan destinasi tersebut kepada anak muda.