Festival Pendalungan Berakhir Diwarnai ‘Launching We Love Cities’
Pasar Rakyat untuk memperingati Hari Jadi Kota Probolinggo (Hadipro) ke-633 di Stadion Bayuangga akhirnya ditutup Minggu malam, 11 September 2022. Penutupan kegiatan yang dihadiri ribuan warga Probolinggo itu diwarnai launching ‘We Love Cities’ (WLC) tahun 2022.
Pasar Rakyat yang digelar selama 10 hari ramai dijejali ribuan warga terutama saat penutupannya Minggu malam. Mulai sore hari hingga tengah malam, ribuan orang berjubel di Stadion Bayuangga.
“Acara ini memberikan hiburan kepada warga Probolinggo sekaligus memberikan nilai tambah ekonomis bagi para pedagang dan usaha mikro kecil. Apalagi selama dua tahun warga kurang leluasa karena pandemi Covid-19,” kata Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin saat menutup Pasar Rakyat.
Walikota pun mengatakan, perputaran uang selama Pasar Rakyat mencapai Rp5 miliar. “Saya menerima data uang berputar dalam Festival Pendalungan ini sebesar Rp5 miliar, ini kabar baik setelah pandemi Covid-19 mereda,” ujarnya.
Pada kesempatan tersebut, walikota menyatakan, sudah selayaknya dirinya mempertanggungjawabkan selama tiga tahun masa kepemimpinannya. Dikatakan program prioritas pendidikan dan kesehatan gratis telah berjalan.
Yang terbaru, pembangunan rumah sakit baru di Jalan Prof. HAMKA yang kini dalam proses pembangunan fisik. "Pembangunan rumah sakit baru, Rumah Sakit Ar- Rozy ini untuk menyempurnakan pelayanan di bidang kesehatan. Mudah-mudahan pada tahun 2023, rumah sakit ini dapat diresmikan," kata walikota.
Penutupan Pasar Rakyat juga diwarnai pembagian hadiah lomba dan pertandingan dalam rangka memeriahkan Hadipro 2022 mulai, turnamen sepakbola, bola voli hingga lomba gerak jalan antar-sekolah.
Tidak kalah meriahnya, ribuan warga Probolinggo menunggu undian Festival Pendalungan dengan hadiah utama dua sepeda motor. Selain itu juga hadiah menarik seperti, sepeda gunung, kulkas, televisi, hingga handphone. Sebelumnya, panitia telah mengedarkan sekitar 150.000 kupon yang kemudian diundi pada malam penutupan Pasar Rakyat tersebut.
Selain penampilan sejumlah kelompok seni di Kota Probolinggo, malam penutupan Pasar Rakyat dimeriahkan penampilan Balasyik, grup musik dari Jember. Walikota dan anggota Forum Koordinator Pimpinan Daerah (Forkopimda) Probolinggo pun hanyut dalam gegap gempita grup musik irama padang pasir yang pernah tampil di Planet Hollywood, Jakarta itu.
‘We Love Cities’ (WLC)
Tahun 2022 ini, Kota Probolinggo terpilih sebagai tiga finalis nasional dalam Kompetisi One Planet City Challenge garapan World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia. Bersama DKI Jakarta dan Kota Balikpapan, Kota Probolinggo memenuhi syarat untuk berpartisipasi pada kampanye ‘We Love Cities’ (WLC) yang akan diselenggarakan secara global.
“Syukur alhamdulillah, Kota Probolinggo termasuk finalis We Love Cities, yang merupakan kompetisi persahabatan antar-kota di seluruh dunia. Tujuannya untuk menanggulangi perubahan iklim, demi bumi yang lebih baik,” kata Walikota Habib Hadi Zainal Abidin.
Selanjutnya, Kota Probolinggo bakal mengikuti kampanye WLC. Sebuah kampanye publik melalui sosial media yang mengajak seluruh masyarakat dunia menunjukkan dukungannya untuk pembangunan kota berkelanjutan dengan cara memilih kota finalis favorit mereka di www.welovecities.org dan memberikan saran perbaikan untuk kota-kota tersebut. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 72 kota dari 31 negara akan mengikuti kampanye global ini.
Habib Hadi mengaku, optimistis kampanye WLC jika digerakkan secara masif akan membuahkan keberhasilan. Memang diakui, Kota Probolinggo merupakan kota sedang dibandingkan dengan DKI Jakarta dan Balikpapan.
Untuk itu, dengan terpilihnya Kota Probolinggo masuk nominasi WWF, walikota meminta untuk menggunakan kesempatan baik ini dengan sebaik-baiknya. “Kesempatan ini tidak akan terulang lagi. Jangan berharap tahun depan kita akan masuk nominasi lagi. Sekarang harus kita tunjukkan, yang terpenting kompak semuanya,” paparnya.
Secara teknis, pemenang kampanye WLC ditentukan dari jumlah vote website, interaksi di sosial media termasuk tagar khas tiap kota serta saran atau masukan untuk membuat kota tersebut lebih baik.
Caranya, buka welovecities.org, pilih bendera Indonesia, klik probolinggo, klik vote, lakukan ini 1 kali sehari sampai dengan masa kampanye berlangsung dari 19 September hingga 31 Oktober 2022.
Masyarakat dapat memberikan dukungan untuk Kota Probolinggo dengan menggunakan hastag #WeLoveProbolinggo dan #WeLoveCities saat posting foto atau video di Facebook, Instagram dan Twitter sebanyak-banyaknya.
Like, comment dan share postingan pada FB, IG dan Twitter Pemerintah Kota Probolinggo, Handal Edukasi, ProbolinggoImpressive dan Habib Hadi Zainal Abidin. (adv)
Advertisement