Festival Kuliner Nusantara Target 30 Persen Ekonomi Jatim Bangkit
Ratusan UMKM kuliner di Jawa Timur, khususnya Surabaya mengikuti festival kuliner "Murni Rasa Nusantara" guna mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19
Festival digelar mulai Sabtu sampai Minggu, 1-2 Oktober 2022, diikuti 100 lebih UMKM kuliner. Lokasinya di Parkir Timur Delta Plaza Surabaya.
Berbagai macam kuliner mulai dari pecel semanggi, soto, sate Padang, empek-empek hingga lumpia bisa dicicipi di festival ini.
"Tak bisa dipungkiri saat pandemi ekonomi di Jatim sangat terpuruk, khususnya UMKM. Untuk mendongkrak hal tersebut kami mengadakan festival ini dan berharap minimal ekonomi tumbuh 30 persen pada tahun ini," kata Wakil Direktur Cleo, Melisa Patricia selaku pengagas acara.
Di samping itu, pihaknya juga menginginkan lewat festival ini ditargetkan mengangkat UMKM daerah ke tingkat nasional.
"Karena peran serta pertumbuhan ekonomi salah satunya ialah mengangkat kuliner nusantara," ujar Direktur Sales Cleo, Toto Sucartono.
Menurutnya, festival ini tidak akan berhenti disini tapi juga akan berlanjut menjadi pendampingan bagi UMKM Surabaya.
"Sekarang anak-anak muda larinya lebih ke brand Internasional. Untuk itu UMKM lokal didorong untuk memperkuat branding, kami juga akan mengadakan seminar tentang branding yang bisa menjadi pondasi mereka," terangnya.
Sebagai informasi, festival kuliner di Surabaya ini merupakan langkah awal untuk road show di kota-kota selanjutnya, seperti Jogjakarta, Bali, Bandung dan lainnya.
Acara ini juga didukung Walikota Surabaya, Eri Cahyadi. "Kami selaku pendamping masyarakat mendukung kegiatan yang tidak hanya melihat dari sisi komersil saja, tapi juga mengambil peran dalam pengembangan ekonomi kota dan daerah," terangnya saat mengunjungi lokasi acara.