Factor O2 VAM Terbaru Sangat Ringan, Full Bike hanya 6,2 Kg
Factor meluncurkan sepeda climbing terbarunya. Sudah nampak digunakan oleh Simon Clarket (Israel Premier-Tech) saat etape pertama Tour de France 2023. Sepeda baru ini sangat ringan.
Frame O2 VAM ukuran 54 cm sudah dicat memiliki bobot hanya 730 gram. Bobot ini termasuk dengan seatmast-nya. Dan secara full bike dirakit bisa hanya berbobot 6,2 kg. Dan ini lebih ringan daripada limit dari UCI yang 6,8 kg per sepeda.
Sedangkan O2 VAM baru milik Simon Clarke itu ditimbang mencatatkan bobot 6,925 kg termasuk pedal. Harus berbobot di atas batas minimal UCI.
Tak hanya frame O2 VAM baru, Factor juga meluncurkan wheelset baru BlackInc konfigurasi 28/33 untuk depan belakang.
Mark GItelis, CEO dari Factor Bikes mengklaim O2 VAM baru ini lebih kaku 35 persen dari O2 VAM yang sama. Serta lebih efisien 12 watt saat di kecepatan 48 kmh.
Frame O2 VAM baru ini menggunakan karbon jenis Toray T1000. Dengan kombinasi karbon M60J dan TeXtreme carbon.
Menurut Gitelis, komposisi peletakan karbon ini berbeda di tiap ukuran frame O2 VAM baru.
Tujuannya untuk memastikan bahwa karakter handling sepedanya masih bisa sama di semua ukurannya.
Bagian toptube lebih turun 10 mm untuk memperkental karakter sepeda climbing.
Sedangkan seatstay juga dibikin dropped untuk memaksimalkan aerodinamika serta kekakuan frame. Profil dari seatstay ini sesuai dengan standar NACA aero profiling.
Untuk headset masih menggunakan ukuran yang sama dengan O2 VAM lama, tetapi lebih ramping agar lebih aerodinamis.
Headset bearing masih menggunakan CeramicSpeed Solid Lubrication. Yakni bearing yang tanpa perawatan dan bergesekan rendah.
O2 VAM baru ini menggunakan bottom bracket T47A yang juga dipasangi bearing CeramicSpeed.
Pembeda paling signifikan dengan O2 VAM lama adalah dudukan sadel. Tidak lagi menggunakan seatpost. Tetapi berganti menjadi seatmast. Mirip dengan yang digunakan Giant TCR SL.
Menurut Factor, dengan menggunakan seatmast, meminimalisir penggunakan karbon. Sehingga memangkas bobot frame.
Kejelekannya adalah ketika frame sudah dipotong maka akan repot apabila ingin meninggikan sadel. Factor memberi solusi dengan menyertakan tiga ganjal. Ketebalannya berbeda di setiap frame size.
Untuk ban, O2 VAM baru ini bisa dipasangi ban ukuran 32 mm maksimal. Tetapi Factor menyarankan sebaiknya 28 mm untuk memaksimalkan performanya.
Meskipun ini sepeda climbing, tetapi Factor meminjam geometri dari Ostro VAM. Tujuannya adalah memberi feel aero sama seperti Ostro VAM.
Factor merancang bentuk O2 VAM baru ini dengan teknologi Finite Element Anakysis (FEA) dan Computational Fluid Dynamics (CFD). Sehingga test aerodinamika serta kekakuan frame bisa lebih cepat dan efektif serta efisien.