Dua Penghargaan Wonderful Indonesia di Filipina
Indonesia meraih dua penghargaan sekaligus di ajang pariwisata internasional di Filipina. Ajang internasional itu adalah World Travel Lifestyle Expo (WTLE) 2019 di SMX Convention Centre, Manila, Filipina.
Dua penghargaan yang diraih adalah Best Booth Award dan Best Performance.
Ricky Fauziyani, Asdep Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata, mengatakan, dua penghargaaan tersebut terbilang prestisius. Dalam penilaian Wonderful Indonesia bersaing dengan ratusan booth dari banyak negara. Hanya angel terbaik yang bisa mengantar penghargaan ini.
Dipameran tersebut, both Wonderful Indonesia tampil impresif. Semua terkonsep matang. Ikonnya adalah phinisi dan gapura instagramable.
Penghargaan ini membuat Wonderful Indonesia semakin percaya diri untuk melakukan penetrasi di pasar Filipina. Apalagi Filipina mempunya total Outbound wisatawan yang besar mencapai 8.194.600 wisatawan.
"Jadi sangat strategis. Wonderful Indonesia mendapat pengakuan sebagai brand yang kuat. Ini semakin memudahkan langkah kita melakukan penetrasi pasar. Sekaligus semakin membuka mata dunia akan keunggulan pariwisata Indonesia," kata Ricky.
Hal senada juga diungkapkan Kabid Pemasaran Area Sulawesi & Filipina Kemenpar Ni Putu Gayatri. Dirinya menuturkan WTLE 2019 adalah momentum yang tepat untuk menjaring wisatawan Filipina. Dan dengan torehan penghargaan ini semakin memperkuat penetrasi pasar Filipina.
"Apalagi beragam atraksi kesenian budaya juga kita tampilkan disana. Ini semakin memperkuat positioning kita di pasar Filipina. Penghargaan ini juga membuktikan brand Wonderful Indonesia telah melekat erat di Filipina," ucap Gayatri.
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani pun ikut angkat suara. Dirinya makin pede untuk mengdongkrak angka kunjungan wisatawan Asia Tenggara seperti Filipina.
"Wondeful Indonesia makin diakui bahkan dari negara-negara pesaing pariwisata kita. Ini peluang kita untuk terus masuk lebih dalam lagi. Sehingga target kunjungan 20 juta wisman di tahun 2019 akan tercapai," ucapnya
Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, penghargaan tersebut membuktikan brand Wonderful Indonesia luar biasa. Menurutnya, bila semua direncanakan, maka kita bisa memastikan kemenangan.
"Ini merupakan strategi yang tepat. Kemenangan itu direncanakan. Pertama, kenali dunia, kenali dirimu, maka kamu akan memenangkan peperangan. Kedua, kenali musuhmu, kenali dirimu, maka kamu akan memenangkan peperangan. Ketiga, kenali pelangganmu, kenali dirimu, maka kamu akan memenangkan peperangan. Sama seperti Sun Tzu," ungkap Menteri Arief Yahya.
Yang lebih terpenting lagi award ini menandakan Wonderful Indonesia semakin diperhitungkan. Semakin melekat pada mind set pasar wisatawan Filipina. Selain itu penghargaan ini semakin meningkatkan kepercayaan diri dalam melakukan penetrasi pasar.
"Award ini memiliki tiga makna, yang sering saya sebut sebagai 3C. Yakni menaikkan confidence sebagai bangsa, mengangkat credibility sebagai negara dan berfungsi sebagai calibration untuk memotret seberapa hebat Wonderful Indonesia itu," pungkas Menteri asal Banyuwangi tersebut. (*)