Dua Cara Mudah Pelanggan PGN Catat Mandiri Meteran
Sebagai bentuk dukungan atas imbauan pemerintah untuk melakukan physical distancing, PT. PGN memberikan kemudahan kepada pelanggan yang wilayah sekitar rumahnya menerapkan physical distancing. Terutama dalam hal layanan pencatatan pemakaian gas di masing-masing rumah pelanggan.
Pelanggan tak perlu khawatir tagihan gasnya akan membengkak karena ada akumulasi pembayaran, gara-gara petugas pencatat meter tak bisa datang. PT. PGN memberikan kemudahan untuk melakukan pencatatan pemakaian gas secara mandiri. Caranya pun sangat mudah.
Cara pertama, pelanggan bisa melaporkan pemakaian gasnya dengan melaporkan lewat aplikasi WhatsApp. Caranya, foto angka yang tertera di stand meter yang terdapat di masing-masing rumah pelanggan. Setelah difoto, kemudian tambahkan keterangan foto yang sudah diambil tadi. Format penulisan keterangan foto yaitu , Nomor Pelanggan#Angka Meter. Tapi ingat, angka yang dituliskan dalam keterangan foto hanya yang berwarna hitam saja yang dituliskan.
Setelah semua selesai dilakukan, kemudian tinggal kirimkan foto WhatsApp tersebut ke nomor 083820341177.
Cara kedua, bisa melalu aplikasi "Catat Meter Mandiri PGN". Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play. Tinggal masukan kata kunci “Catat Meter Mandiri PGN" di Google Play kemudian unduh.
Setelah berhasil mengunduh, jika sudah pernah registrasi silahkan tinggal masuk ke akun yang sudah terdaftar. Jika belum registrasi silahkan registrasi terlebih dahulu. Caranya juga mudah.
Jika sudah berhasil terdaftar dan masuk dalam aplikasi, tinggal pilih tombol "Pencatatan Langsung" dengan gambar pensil di sebelah kanan bawah. Kemudian foto stand meter dan unggah dalam aplikasi ini. Agar angka stand meter bisa tampak jelas, fotokan bagian angkanya saja.
Jika dua cara ini ternyata tak dilakukan oleh pelanggan PT. PGN, maka tenang saja. PT PGN tidak menerapkan tagihan akumulasi kepada pelanggan gara-gara tak melaporkan pemakaian gasnya. PT PGN akan tetap mengeluarkan tagihan kepada pelanggan setiap bulannya.
Mekanisme penghitungan tagihan akan menggunakan perhitungan pemakaian selama tiga bulan terakhir. Misal, ada seorang pelanggan PGN yang pada Desember menggunakan 9 meter kubik gas PGN, kemudian Januari 10 meter kubik dan Februari sebesar 11 meter kubik. Maka, jika dirata-rata pelanggan ini menggunakan 10 meter kubik. Maka PT PGN pun akan mengestimasi pemakaian pelanggan ini pada Maret sebanyak 10 meter kubik.
Bagaimana jika ternyata, angka aktualnya tak sebesar itu? Pelanggan tak perlu khawatir karena PGN akan melakukan pencatatan secara aktual setelah pandemi corona berakhir. Jika ternyata ada selisih antara estimasi pemakaian dengan kondisi aktual, maka PT PGN akan melakukan koreksi tagihan di bulan berikutnya.
Semua pembayaran tagihan bulanan PGN dapat dibayarkan mobile banking, internet banking atau e-commerce. Silakan hubungi PGN Contact Center di nomor 15000645 jika ada keterangan yang belum jelas.