Depak Suzuki, Piala AFF Ganti Nama Mitsubishi Electric Cup 2022
Konfederasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi menggandeng sponsor baru untuk Piala AFF 2022. Perusahaan perangkat elektronik asal Jepang, Mitsubishi Electric, resmi menjadi sponsor resmi.
Sejak 2008, Piala AFF memiliki nama resmi AFF Suzuki Cup, maka mulai Piala AFF 2022 pada Desember mendatang, turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara itu akan memiliki nama resmi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.
Dikutip dari laman resmi Mitsubishi Electric, pihaknya memastikan bahwa salah satu perusahaan elektronik dari salah satu raksasa otomotif asal Jepang ini telah menyatakan diri menjadi sponsor utama terbaru Piala AFF mulai edisi 2022.
Sponsor utama terbaru Piala AFF membawa misi besar bagi perusahaan. Selain untuk memperkuat posisi perusahaan di Asia Tenggara, Mitsubishi Electric juga menyatakan komitmennya bersama AFF untuk bahu-membahu membangun sepak bola Asia Tenggara ke arah yang lebih baik.
"Kami tidak sabar membangun masa depan yang lebih baik bersama AFF. Kami berharap bisa memberi kenikmatan dan hiburan untuk banyak orang melalui sponsorship ini," ujar Corporate Executive and Chief Representative Asia Pacific Region of Mitsubishi Electric Corporation, Kunihiko Seki.
Dikutip dari situs resmi AFF, Presiden AFF Khiev Sameth mengaku senang Piala AFF memiliki sponsor baru.
"Saya sangat senang Mitsubishi Electric bergabung dengan kami sebagai sponsor utama yang baru. Saat Kejuaraan AFF memasuki edisi ke-14, kami harus terus berinovasi dan membuka jalan baru untuk menghadapi tantangan masa depan," tuturnya.
Perubahan Nama Piala AFF sejak 2004
Perlu diketahui bahwa perubahan titel turnamen Piala AFF menjadi AFF Mitsubishi Electric bukan merupakan yang pertama kali terjadi. Piala AFF pernah menggandeng Tiger, salah satu raksasa produsen bir asal Singapura sebagai sponsor utama sehingga turnamen ini sempat dikenal dengan nama Tiger Cup hingga edisi 2004.
Pada edisi 2007 (yang seharusnya digelar tahun 2006), Piala AFF sempat tidak menggunakan titel sponsor dikarenakan Tiger memutuskan untuk tak melanjutkan kerja sama. Memasuki edisi 2008, turnamen Piala AFF berganti titel menjadi AFF Suzuki Cup seiring dengan masuknya Suzuki sebagai sponsor utama.
Titel AFF Suzuki Cup terus dipertahankan sebagai titel turnamen Piala AFF hingga edisi 2020 yang digelar pada akhir tahun 2021 hingga awal 2022 lalu. Mulai edisi 2022, titel turnamen Piala AFF kembali berganti menjadi AFF Mitsubishi Electric Cup hingga berakhirnya kontrak kerja sama dengan SportFive selaku pemilik hak komersial turnamen.
Hak Siar Pindah Tangan
Hak siar sepenuhnya dari tangan MNC Group ke Emtek untuk seluruh platform di wilayah Indonesia. Pada Piala AFF edisi 2020 lalu, MNC Group dan Emtek sempat menyiarkan secara bersama-sama di seluruh platform, kecuali untuk terestrial yang hanya disiarkan oleh MNC Group melalui RCTI dan iNews.
Selain menyiarkan AFF Mitsubishi Electric Cup, Emtek juga memiliki hak siar Piala AFF U-23 yang diperoleh dalam satu paket dari SportFive selaku distributor tunggal.
Advertisement