Dari Ibu Kota Negeri Sakura GENWI Jepang Diluncurkan
Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) melebarkan sayap, memperluas jaringan, seperti Bengawan Solo. Mengalir sampai jauh untuk menjakau viral.
Sabtu ini, 21 Juli 2018, komunitas netizen berbasis pada media social ini menambah satu jejaring lagi, yakni di Jepang.
Maka tahun 2018 ini, komunitas GenWI sudah hadir Korea Selatan, India, Tiongkok, Thailand, Malaysia, Singapore, dan embrio di Australia.
Apa to GenWI? Generasi Wonderful Indonesia adalah komunitas netizen, putra-putra Indonesia, pelajar mahasiswa, diaspora, yang aktif bergerak di media digital, terutama media social, untuk mempromosikan Pariwisata Indonesia.
Ada tiga hal yang diangkat, Destinasi Wisata, Calendar of Event Pariwisata dan Kebijakan Kepariwisataan.
Menpar Arief sangat yakin, bahwa Pariwisata adalah core economy bangsa Indonesia ke depan. Indonesia punya keunggulan komparatif dan kempetitif. Tahun 2019, industry Pariwisata diproyeksikan sebagai penyumbang devisa terbesar di tanah air, dengan target wisman 20 juta, dan devisa USD 20 miliar.
“Pesaing professional kita Thailand, dan pesaing emosional kita Malaysia,” kata Arief Yahya.
Country Branding Wonderful Indonesia sudah ada di posisi 47 dunia dan mengalahkan Truly Asia Malaysua dan Amazing Thailand. Country Branding itu mencerminkan positioning dan defferensiating Pariwisata Indonesia.
Di Jepang, Menpar Arief Yahya menugaskan Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono untuk melaunching GenWI Jepang, Sabtu, 21 Juli 2018 di Tokyo. Ada harapan khusus buat GenWI Jepang yang diselipkan melalui akun Istagram @Menpar.Arief Yahya. Atau di link: https://www.instagram.com/p/BleOE9XlZrV.
GenWI Jepang yang memiliki akses dan kedekatan dengan travellers di sana diminta belajar, mengapa inbound Jepang maju pesat dalam dua tahun terakhir? Deregulasi apa yang dilakukan Jepang untuk menjaring wisatawan? Juga, content apa yang bisa menarik wisman Japang lebih besar ke tanah air.(*)