Dampak Banjir Semarang, KA Pandalungan Terlambat Tiba di Jember
PT KAI Daop 9 Jember memastikan kedatangan Kereta Api Pandalungan relasi Gambir-Jember, pada hari ini, Kamis, 14 Maret 2024 mengalami keterlambatan tiba di Jember. Keterlambatan tersebut disebabkan bencana banjir yang terjadi di Semarang.
Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro menyampaikan, pihaknya meminta maaf kepada pelanggan atas keterlambatan kedatangan KA Pandalungan relasi Gambir - Jember yang terdampak adanya banjir di wilayah Daop 4 Semarang. Sampai pukul 07.00 WIB banjir masih terjadi di beberapa titik di Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Alastua yang masuk wilayah Daop 4 Semarang.
Genangan air ketinggiannya melebihi 10 cm dari bagian rel paling atas. Sehingga demi keamanan dan keselamatan perjalanan hal itu tidak memungkinkan untuk dilewati kereta api.
Atas kondisi tersebut, beberapa KA mengalami perubahan pola operasi yang seharusnya melewati lokasi banjir harus diputar perjalanannya. KA Pandalungan hari memutar melewati Tegal, Prupuk, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Gambringan dan Surabaya.
"KA Pandalungan dari Stasiun Gambir dengan tujuan Stasiun Jember menjadi salah satu KA yang terdampak dan perjalanannya harus memutar lewat Tegal, Prupuk, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Gambringan dan Surabaya" kata Cahyo, Kamis, 14 Maret 2024.
Lebih jauh Cahyo mengatakan, dengan perubahan pola operasi tersebut tentu berdampak pada jadwal kedatangan KA Pandalungan di wilayah Daop 9 Jember. Pada pukul 07.55 WIB posisi KA Pandalungan berada di Stasiun Solo dan mengalami kelambatan sekitar 360 menit. KA Pandalungan diperkirakan tiba di Stasiun Jember pada pukul 16.45 WIB.
Berdasarkan data manifes, sebanyak 127 pelanggan KA Pandalungan turun di wilayah Daop 9 mulai dari Pasuruan sampai Jember. Atas keterlambatan tersebut KAI telah memberikan kompensasi servis recovery berupa minuman dan makanan kepada para penumpang KA Pandalungan sesuai dengan aturan yang berlaku.
Bagi pelanggan KA Pandalungan yang perjalanan kereta apinya terdampak kelambatan tersebut dan tidak berkenan berangkat, dapat membatalkan tiket perjalanannya di Loket stasiun dan bea akan di kembalikan 100% di luar bea pesan.
Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
"KAI menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya penundaan kedatangan KA Pandalungan di Stasiun Jember. Bagi penumpang yang ingin membatalkan tiket atas keterlambatan itu, akan ada pengembalian bea 100 persen," pungkasnya.