Dahsyat! Keutamaan Kalimat Tauhid dan Istighfar
Keutamaan kalimat Laa ilaaha illaLLAHU dan Istighfar.
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:
Berpeganglah kalian kepada kalimah Laa Ilaaha Ilallaah dan Istighfar, perbanyaklah oleh kalian dalam membaca keduanya. Karena sesungguhnya iblis mengatakan, "Aku binasakan manusia dengan dosa-dosa, dan mereka membinasakan diriku dengan Laa Ilaaha Ilallaah dan Istighfar.
Setelah aku melihat hal tersebut, maka aku binasakan mereka dengan hawa nafsu, sedangkan mereka menduga bahwa diri mereka diberi petunjuk."
Iblis berkata, "Yaa Tuhanku, demi keagungan-Mu, aku akan terus-menerus menyesatkan anak Adam selagi roh berada di dalam tubuh mereka." Maka Allaah Subhaanah berfirman, "Demi Keagungan dan Kebesaran-Ku, Aku terus-menerus memberikan ampunan bagi mereka selagi mereka memohon ampun kepada-Ku."
(Tafsir Ibnu Katsir Qs, ali Imran ayat ; 135)
KELOMPOK YANG SELAMAT
Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan,
“Fitnah syubhat dan hawa nafsu yang menyesatkan telah menyebabkan ahli kiblat pecah berkeping-keping. Sebagian mereka mengafirkan yang lain sehingga mereka menjadi saling bermusuhan, berpecah-belah, dan berpartai-partai, padahal sebelumnya mereka berada di atas satu hati.
Tidak ada yang selamat dari semua ini kecuali satu kelompok. Merekalah yang disebutkan dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,
لاَ تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ عَلَى الْحَقِّ لَا يَضُرُّهُمْ مَنْ خَذَلَهُمْ وَلَا مَنْ خَالَفَهُمْ حَتَّى يَأْتِيَ أَمْرُ اللهِ وَهُمْ عَلَى ذَلِكَ
‘Akan terus ada sekelompok dari umatku yang senantiasa membela kebenaran. Orang yang menghinakan dan menyelisihi mereka tidak akan mampu memudaratkan mereka, hingga datangnya keputusan Allah dan mereka tetap dalam keadaan demikian.’
Pada akhir zaman, mereka adalah kaum yang terasing, sebagaimana telah disebutkan dalam hadits, yaitu orang-orang yang melakukan perbaikan saat manusia telah rusak.
Merekalah orang-orang yang berusaha menjaga keutuhan Sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang terus dirusak oleh manusia. Merekalah orang-orang yang lari dari fitnah dengan membawa agama mereka.
Mereka adalah minoritas di tengah-tengah suatu kabilah. Terkadang tidak didapati pada sebuah kabilah kecuali satu atau dua orang, bahkan terkadang tidak didapati satu orang pun, sebagaimana permulaan Islam.
Dengan dasar inilah, para ulama menafsirkan hadits ini. Al-Auza’i rahimahullah mengatakan tentang sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,
بَدَأَ الْإِسْلَامُ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ غَرِيبًا كَمَا بَدَأَ
‘Islam datang dalam keadaan asing dan akan kembali menjadi asing’,
‘Adapun Islam, ia tidak akan pergi. Akan tetapi, Ahlus Sunnah-lah yang akan pergi sehingga tidak tersisa di sebuah negeri kecuali satu orang saja.’
Dengan makna inilah, didapati ucapan para salaf yang memuji As-Sunnah dan menyifatinya dengan asing, serta menyifati pengikutnya dengan kata ‘sedikit’.”
(Kasyfu al-Kurbah fi Washfi Ahlil Ghurbah hlm. 16—17; dalam Ahlul Hadits Hum ath-Thaifah al-Manshurah, hlm. 103—104)