Colnago V4R Prototipo, Mesin Balap Pencetak Juara
Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) memperoleh hasil bagus dengan dua kali memang Tour de France mengandalkan Colnago V3Rs.
Nah sekarang, Pogacar memiliki andalan baru V4R Prototipo. Meski masih purwarupa, tetapi seluruh tim UAE Team Emirates sudah mendapatkan sepeda ini untuk digunakan balapan akhir minggu ini.
V4R Prototipo ini mendapatkan sentuhan baru di bagian aerodinamika dan konstruksi karbonnya.
Besar kemungkinan, sepeda ini akan dilaunching di Tour de France yang akan dimulai tiga minggu lagi. Tetapi hingga hari ini, sepeda ini belum mendapatkan approval dari UCI.
Karena ini masih purwarupa, Colnago mengirim lima macam lay up carbon ke pembalap UAE Team Emirates untuk diuji cobakan. Mengetes tingkat kekakuan, bobot yang ringan, kenyamanan, dan tingkat responsifnya.
Colnago memang mengembangkan frame V4R Prototipo ini bersama pembalap UAE Team Emirates. Tujuannya adalah membuat frame yang paling efektif efisien untuk sprinter, rouleurs, dan climbers. Jadi satu frame bisa dimaksimalkan untuk tiga jenis keperluan ini.
Dari sisi desain, bentuk frame-nya mirip dengan paduan V3Rs dengan C68. Hanya lebih tipis dan lebih aero integrated di bagian kokpit. Untuk membuat frame ini seringan mungkin demi keperluan balap.
Headtube berbentuk hour glass dan frame berbentuk aerofoil. Integrasi dari headset ke toptube lebih halus. Serta pertemuan antara bagian atas fork dengan downtube dibuat lebih aerodinamis.
Bagian fork terlihat lebih tipis dibandingkan V3Rs tetapi bisa dipasangi ban hingga ukuran 30 mm. Bila melihat bagian belakangnya, chainstay dibuat lebih kotak dan lebih besar dibandingkan V3Rs.
Bentuk dari dropped seatstay juga dimodel ulang mengutamakan aerodinamika. Bagian pertemuan seat tube dengan seatstay dibentuk horizontal. Lagi-lagi untuk perhitungan aerodinamis.
Bagian headset menggunakan bearing dari CeramicSpeed SLT. Bearing ini tidak perlu dirawat lagi. Jadi tidak membuat repot mekanik dan pemilik sepeda.
Colnago menggandeng konsultan desain sepeda, Torgny Fjeldskaar dalam mendesain V4R Prototipo ini. Bagian bawah bottom bracket dibuat lebih besar. Untuk menaikkan tingkat kekakuan dan membuat power transfer lebih efisien efektif.
Kita nantikan rilis launching resmi Colnago V4R Prototipo ini sekaligus harganya.
Advertisement