Cara Unik Premier League Libatkan Penggemar di Tengah Pandemi
Klub-klub Premier League sedang mempertimbangkan sejumlah opsi untuk tetap melibatkan penggemar mereka dengan sejumlah cara. Beberapa di antaranya adalah penonton bisa menyaksikan pertandingan melalui layar raksasa dengan tetap di dalam mobil, alias drive-in, menonton lewat saluran digital, serta yang paling unik adalah memasang cetakan foto penggemar yang diletakkan di tribun penonton.
Seperti diketahui, ketika Premier League digulirkan kembali, pertandingan akan digelar di balik pintu tertutup untuk menghindari penyebaran virus corona. Maka itulah, dibutuhkan inovasi untuk tetap mempertahankan penggemar setia mereka.
Upaya untuk tetap melibatkan penggemar setia mereka semata-mata demi menciptakan atmosfer pertandingan yang lebih hidup. Sebab, menyaksikan pertandingan di televisi tanpa keriuhan penonton bisa membuat para penggemar kehilangan selera karena tak mendapatkan atmosfer laga.
Maklum, jika animo besar basis fans mereka memudar, ini akan membawa implikasi serius terhadap keuangan klub karena tidak ada pendapatan komersial. Klub-klub Inggris tentu tak ingin hal itu terjadi lantaran salah satu pemasukan terbesar berasal dari situ.
Untuk cetakan foto penggemar yang ditempatkan di tribun penonton, klub-klub Premier League terinspirasi dari salah satu klub Bundesliga Jerman, Borussia Monchengladbach, di mana para penggemar dilibatkan secara tak langsung dengan membayar sekitar 17 poundsterling untuk setiap foto yang dipasang. Foto-foto mereka akan ditampilkan di layar LED dengan suara riuh-rendah penonton buatan untuk membuat suasana pertandingan seolah-olah dihadiri penonton.
Sementara penonton di balik layar kaca juga mendapatkan suara penyiar seperti pertandingan yang disiarkan televisi pada umumnya. Hal ini sudah lazim digunakan di berbagai portal online untuk menghidupkan suasana pertandingan.
"Kami perlu memastikan pemegang tiket musiman bisa merasakan bagian dari itu," kata seorang pejabat klub.
Sementara untuk menyaksikan drive-in, klub-klub di Inggris terilhami cara yang ditempuh klub asal Denmark, Midtjylland. Mereka memasang layar raksasa di area parkir mereka agar para penggemar bisa menyaksikan pertandingan di dalam mobil mereka masing-masing.
Midtjylland membuka area parkir untuk 2000 mobil dengan layanan komentator yang bisa diperdengarkan lewat saluran radio mobil. Cara ini masih diperdebatkan karena adanya faktor keamanan dan keselamatan para penggemar yang mungkin kurang terpantau.
Dan yang terakhir adalah paket pertandingan digital yang diberikan pada pemegang tiket musiman. Dengan paket ini, para pemegang tiket terusan bisa menyaksikan secara langsung di rumah masing-masing secara interaktif, seperti halnya meeting group tapi dengan jumlah peserta yang lebih besar.
Paket tersebut bisa dikirimkan melalui email atau dapat diunduh melalui situs resmi klub. Aplikasi seluler ini membutuhkan kesiapan matang yang dilakukan klub, terutama server mereka harus memiliki kapasitas yang sangat besar.
Manchester United sudah memiliki kemampuan itu. Mereka sudah melakukannya, lengkap dengan analisis dan statistik permainan.
Premier League rencananya akan kembali digulirkan dengan pintu tertutup. Namun, mereka tak ingin meninggalkan para penggemarnya kehilangan antusiasme saat menyaksikan pertandingan di balik layar televisi.
Advertisement