Cara Jitu Fokus Kerja
Banyak tugas, tapi tak bisa fokus bekerja. Anda pasti pernah merasakannya. Padahal, tak fokus kerja pada saat tugas menumpuk malah akan membuat banyak tugas terbengkelai. Kalai sudah begini, stres dan depresi pasti akan menyertai.
Lalu bagaimana cara kita mengatasinya? Berikut kiat jitu fokus kerja yang kami sarikan dari berbagai sumber.
1. Jangan Kerjakan Berbagai Tugas dalam Satu Waktu.
Seringkali kita kemrungsung saat melihat tugas bertumpuk. Saat demikian, sebaiknya Anda fokus pada target yang telh ditentukan. Jangan berpikir untuk multitasking. Jika kita sudah terbiasa untuk fokus dengan satu target, maka otak kita akan terbiasa fokus terus.
2 Kerjakan yang Penting dan Paling Susah Terlebih Dulu.
Mengerjakan yang susah dan penting biasanya sangat membantu konsentrasi. Sebab, di saat konsentrasi sudah menurun dan lelah, mengerjakan tugas yang berat bisa membuat bosan dan capek. Karena itu, menyusun penyelesaian tugas berdasarkan tingkat kesulitan akan sangat menbantu.
3. Tingkatkan Level Konsentrasi Secara Bertahap
Cobalah sesekali mengukur ketahanan konsentrasi Anda. Berapa jam Anda biasa muali jenuh mengerjakan sesuatu. Nah, berdasarkan tingkat ketahanan itu, Anda bisa mebiasakan untuk membuat jeda. Misalnya dengan membuka notifikasi twitter, facebook dan sebagainya. Upayakan lama daya tahan konsentrasi itu ditambah setiap hari.
4. Matikan Semua Gangguan
Apa saja yang berpotensi perhatian Anda dalam menjalankan tugas sebaiknya dimatikan. Misalnya handphone atau mainan yang bisa membuat anda tergiur untuk memainkan. Minimal bikin silent selular Anda. Kecuali pekerjaan Anda memang harus menerima telpon dari customer.
5. Bikin Daftar Kerja
Malam sebelum berangkat kerja, sebaiknya bikin daftar apa saja yang akan dikerjakan esok hari. Jika ada daftar pekerjaan yang direncanakan untuk diselesaikan, akan sangat membantu konsentrasi kerja. Kalau apa saja dikerjakan, konsentrasi bisa buyar. Akan lebih membantu kalau daftar kerja itu ditempel di depan meja kerja.
6. Ubah Agenda Pekerjaan Menjadi Agenda Kebiasaan
Kita selalu berhasrat melakukan apa saja setiap hari. Ubah hasrat ini dengan membangun agenda kebiasaan yang akan dilakukan setiap hari. Tentu membangun agenda kebiasaan ini tidak bisa dilakukan salam waktu singkat. Butuh waktu sebulan agar otak kita terbiasa dengan agenda kebiasaan kita. Cara ini akan sangat membantu konsentrasi kita.
7. Bantuan Musik Konsentrasi
Bagi penggemar musik, bekerja sambil mendengarkan tembang kesukaan bisa membantu konsentrasi. Tentu tidak semua jenis musik bisa membuat fokus. Ini sangat tergantung dengan masing-masing pribadi sesuai dengan kesukaannya. Ada yg suka jazz, blues, pop, dan seterusnya.
8. Konsumsi Sayur dan Buah
Tubuh yang banyak nutrisi biasanya sangat membantu konsentrasi. Makan sayur dan buah-buahan akan sangat membantu. Juga karbohidrat seperti nasi. Orang lapar biasanya susah berkonsentrasi. Badan tidak sehat apalagi.
9. Banyak Minum Air Putih
Penelitian di Connecticut University menyebutkan bahwa kekurangan air dalam tubuh (dehidrasi) bisa mengubah mood seseorang, suasana hati, tingkat energi, daya ingat, dan bahkan memicu kecemasan dan ketegangan. Karena itu, meminum air agar tidak dihidrasi sangat dianjurkan guna menambah konsentrasi.
Selamat Bekerja!