Canyon Spectral 29CF Lebih Besar Tapi Ringan dan Efisien
Canyon, produsen sepeda asal Jerman meluncurkan varian mountain bike terbarunya. Ini adalah versi pengembangan dari seri Spectral. Didesain ulang sehingga bisa menaklukkan medan yang lebih teknikal tetapi tetap mempertahankan kenyamanannya.
Penampakan terbaru adalah penggunaan roda 29 inchi. Dibandingkan dengan versi sebelumnya yang menggunakan roda 27,5 inchi. Canyon Spectra 29 CF menggunakan suspensi belakang 150 mm berbeda dengan versi sebelumnya yang hanya 140 mm.
Alhasil, perubahan signifikan ini meningkatkan kepercayaan diri pengendaranya saat melibas turunan dengan kecepatan tinggi. Tapi Canyon juga mengklaim bahwa Spectra 29 CF ini lebih efisien dan nyaman di tanjakan dengan hasil dari perubahan geometri yang dirancang ulang.
Suspensi belakang kinematic yang progresif dan ada sistem anti squat yang membuat pedaling jadi lebih efektif tanpa adanya tekanan balik (pedal kickback).
Frame berbahan karbon kevlar Spectral 29 CF ini berbobot 2598 gram dengan cat dan segala macam printilan-nya. Frame ini lebih ringan dan lebih kaku dibandingkan dengan versi sebelumnya, Spectral 27.5 CFR .
Selain membuat frame Spectral 29 CF berbobot lebih ringan, Canyon juga membuatnya lebih mudah diservis. Seluruh drat pemegang suspensi tidak langsung diaplikasikan ke karbon. Tapi menggunakan sistem insert. Sehingga meminimalisir kerusakan.
Juga hampir seluruh baut dapat dilepas dari sisi kiri jadi lebih mudah dibongkar pasang. Kabel di Spectral 29 CF ini berada di dalam frame. Bottom bracket menggunakan sistem drat biasa. Seatpost clamp tidak lagi menggunakan sistem integrated di dalam frame. Tetapi diganti dengan model konvensional.
Sepeda yang masuk dalam kategori trial bike ini mengalami penyempurnaan geometri. Terbagi dalam empat size. Apabila dibandingkan dengan Spectral versi lama, terdapat 1-2 derajat headtube angle yang lebih miring. Artinya lebih stabil saat turunan. Selain itu, seat tube lebih tegak 2-3 derajat. Artinya lebih agresif saat menanjak.
Suspensi belakang juga bisa dicustom untuk meningkatkan kontrol stabilitas. Terdapat “flip chip” di suspensi belakang yang bisa memberikan head dan seat angle lebih jauh 0,5 derajat. Juga menaikkan bottom bracket 8 mm untuk disesuaikan dengan medan yang akan dijalani.