Canyon Luncurkan New Speedmax CFR Disc TT Untuk Giro d’Italia
Menjelang grand tour Giro d’Italia, Canyon meluncurkan sepeda TT terbarunya, New Speedmax CFR Disc TT. Hanya tersedia dalam level tertingginya, CFR (Canyon Factory Racing). Dan hanya ada warna hitam dan versi disc brake.
November 2020, Canyon sudah mengupdate penampilan Speedmax, sepeda TT tetapi untuk triathlon. Dan itu tidak UCI legal. Tetapi saat ini UCI sedikit melonggarkan aturannya untuk sepeda road racing dan time trial.
Menyambut itu, Canyon meluncurkan New Speedmax CFR Disc TT yang berbasis sepeda triathlon menjadi sepeda time trial yang memenuhi standar UCI.
New Speedmax CFR Disc TT ini mirip dengan Speedmax triathlon itu. Mulai dari top tube, garpu depan yang memiliki profil tebal dan dropped seat stays.
Tapi Canyon mengklaim bahwa apabila new Speedmax CFR Disc TT ini dites dengan kondisi yang sama dengan versi triathlonnya maka CFR Disc TT ini aerodinamikanya kurang efisien 7 watt.
Perbedaan ini wajar karena adanya perubahan ukuran tubing frame CFR Disc TT. Demi mengikuti regulasi ukuran minimal frame TT dari UCI.
“Diet” di ukuran tubing frame ini membuat bagian penyimpanan (storage) seperti yang ada di frame new Speedmax CFR triathlon itu harus hilang ketika di Speedmax CFR Disc TT ini.
Pertama kali digunakan oleh Marc Soler (Movistar) di Tour de Romandie beberapa saat lalu. Minggu lalu, Annemiek van Vleuten juga melakukan testing terhadap Canyon new Speedmax CFR Disc TT di track Alkmaar velodrome serta wind tunnel.
Canyon sudah memastikan bahwa tim Movistar yang bertanding di Giro d’Italia akan menggunakan sepeda new Speedmax CFR Disc TT ini.
Dengan komponen wheelset Zipp Super 9 di belakang dan depan dipasang Zipp 808 Firecrest tubeless ready. Ban dipilih Continental GP5000.
Lalu grupset menggunakan 1x Sram Red Etap AXS 12 speed. Ini yang unik, karena menggunakan single chainring di depan seperti yang terlihat di sepeda Marc Soler saat balapan di Tour de Romandie itu.
Memang rute etape time trial mayoritas flat atau rolling sehingga kecil kemungkinan menggunakan chainring kecil. Jadi lebih baik dilepas saja demi menghemat bobot dan watt.
Tetapi masih terlihat dudukan front derailleur di frame. Jadi pembeli new Speedmax CFR Disc TT masih bisa menggunakan sistem 2X. Dengan tambahan Ceramic Speed pulley wheels
Menurut perkiraan sepeda baru yang lebih aerodinamis 2,7 watt dibandingkan dengan versi rim brake Speedmax CF SLX TT ini dibanderol 10,799 Poundsterling.
Sepeda ini menggunakan Zipp VukaShift AXS 90 Carbon extension. Sekaligus dijadikan sebagai otak dari seluruh komponen wireless grupset Sram eTap.
Frame new Speedmax CFR Disc TT ini tersedia dalam tiga ukuran yaitu small, medium, dan large. Frame diklaim berbobot 1.030 gram untuk size M. Dengan fork seberat 500 gram. Total full bike Canyon mengklaim berbobot 8,4 kg.
Advertisement