Canyon Aeroad 2021: Aerodinamis, Ringan, dan Handlebar Tekuk
Canyon akhirnya merilis sepeda barunya. Seri sepeda aero, Aeroad. Masih dengan kode seri yang sama dengan versi lama, seri CF SLX dan CF SL.
Ditambah dengan satu seri baru, CFR. Aeroad 2021 baru ini semuanya menggunakan sistem pengereman disc brake.
Filosofinya adalah membuat sepeda aero yang ringan. Canyon mengklaim tipe Aeroad CFR yang dipasangi groupset Di2 berbobot 7,26 kg full bike. Model yang paling murahpun bobotnya tidak sampai 8 kg, klaim Canyon.
Frame Aeroad CFR 2021 berbobot 915 gram. Aeroad CF SLX lama berbobot 1,010 gram. Sedangkan CF SLX baru 2021 beratnya 990 gram. Sedangkan CF SL baru 2021 frame beratnya 996 gram.
CF SLX dan CF SL baru 2021 bisa lebih ringan daripada versi lamanya karena ada pengurangan bobot di bagian kokpit yang integrated.
Secara penampilan, perbedaan paling utama adalah bentuk kammtail aerofoil tubing yang dibikin lebih lebar dan lebih tebal dari versi lama. Ini membuat lebih aerodinamis hasil kerjasama dengan pakar aerodinamika, Swiss Side.
Aeroad 2021 baru ini bisa menghemat 5,4 watt saat kecepatan 45 kmh dibandingkan dengan Aeroad yang lama.
Perubahan lain dari Aeroad 2021 ini adalah seatpost yang berkamuflase. Serinya SP0046. Secara kasat mata modelnya sama seperti seatpost sepeda aero lain yakni model lebar.
Tapi, sebenarnya itu hanya cover saja. Seatpost aslinya berbentuk D yang membuatnya jadi nyaman.
Lantas seatpost ini dibungkus dengan lapisan karbon kevlar. Jadi hanya cover saja. Hasilnya? Seatpost lebih ringan 6 gram, lebih aerodinamis, juga lebih nyaman.
Seatpost clamp posisinya di seat tube tengah. Jadi yang ditekan adalah seatpost yang bentuk D itu bukan covernya.
Lagi-lagi untuk menambah kenyamanan karena yang ditekan seat clamp posisinya agak bawah jadi banyak bagian dari seatpost yang bisa fleksibel.
Bagian depan ini yang paling utama dan unik. Untuk Aeroad seri CFR dan CF SLX 2021 akan dipasangi handlebar baru tipe CP0018 Aerocockpit.
Handlebar stem yang full integrated ini bisa disetel naik turun 15 mm tanpa harus memotong steerer tube atau memasang spacer di bagian atas stem.
Bagian kiri kanan handlebar juga bisa dilebarkan atau disempitkan sejauh 20 mm setiap sisi.
Jadi total handlebar bisa lebih lebar 40 mm. Lantas, handlebar ini bisa dilepas dan ditekuk ke bawah. Sangat praktis untuk travelling.
Ada dua baut tiap sisi yang menyambung handlebar ini. Jadi Canyon mengklaim ini sangat kuat dan tidak ada efek apapun. Kekuatannya sama seperti handlebar aero pada umumnya.
Sayangnya, handlebar CP0018 ini hanya kompatible dengan grupset elektronik. Varian paling rendahnya, Aeroad CF SL 2021 bisa menggunakan grupset mekanikal dan ada kabel nampak keluar di handlebar stem.
Aeroad 2021 ini menyediakan women specific model dengan sadel dan kokpit khusus perempuan. Hanya tersedia versi CF SL.
Versi ini juga ada ukuran sangat kecil, 3XS dan 2XS. Dua ukuran ini menggunakan wheelset ukuran 650b bukan 700c.
Sedangkan versi Aeroad CF SLX dan CFR 2021 paling kecil ukuran 2XS dan dilengkapi ban 700c.
Geometri Aeroad 2021 ini juga lebih rileks apabila dibandingkan dengan Aeroad tipe lama. Tapi bila mau agresif dikompensasikan dengan handlebar baru CP0018 yang bisa turun 20 mm.