Cannondale Scalpel 2024 Hadir Dengan Travel Suspensi 120 mm
Di tahun 2024 ini, mayoritas sepeda gunung (mountain bike) atau yang sering disebut modern cross country (XC) bike menggunakan travel suspensi 120 mm.
Seperti yang digunakan di Cannondale Scalpel terbaru ini. Sudah mengandalkan suspensi 120 mm dan akan dipakai di balapan Olimpiade dan tim Cannondale Factory Team 2024 akan menggunakan sepeda ini untuk berburu podium even.
Cannondale Scalpel yang sudah ada sejak 2002 ini terus mengalami perubahan yang lebih baik. Dibuat lebih baik untuk menaklukkan medan yang lebih technical. Juga dibuat lebih ringan.
Update paling terakhir saat ini adalah tidak lagi menggunakan bottom bracket press fit. Beralih ke bottom bracket BSA.
Cannondale juga memasang dua dudukan untuk bidon di setiap size mulai small ke XL. Soal bobot, meskipun Scalpel baru ini menggunakan travel suspensi 120 mm tetapi bobotnya masih tetap sama dengan Scalpel versi lama.
Terima kasih kepada FlexPivot technology yang mirip dengan yang digunakan Cannondale Moterra SL e-bike. Yaitu bagian chainstay yang dekat as roda belakang dibuat lebih tipis.
Sebagai pengganti Horst Link pivot (pivot yang bertugas menyambungkan antara chainstay dengan as roda belakang).
Dengan FlexPivot ini membuat Scalpel baru ini lebih minim perawatan dan minim penambahan bobot. Meski begitu, soal kekakuan dan kemampuannya mirip dengan sistem lama yang menggunakan pivot.
Para insinyur di Cannondale ingin memastikan karakter dari Scalpel baru ini sama untuk setiap ukurannya, jadi pengaturan suspensi berbeda untuk setiap ukuran.
Geometri Scalpel baru ini agak berubah. Head tube lebih rebah, 66,6 derajat untuk meningkatkan stabilitas. Hal ini diimbangi dengan seat tube yang lebih tegak dengan 75,5 derajat.
Cannondale mengklaim kombinasi ini adalah yang terbaik untuk medan menanjak, turunan (downhill), atau medan kombinasi keduanya.
Sokbreker depan menggunakan Lefty Ocho 120 mm yang menjadi icon dari sepeda ini. Sokbreker ini dilaunching lebih dari 20 tahun lalu dan masih menjadi incaran penggila MTB.
Tidak banyak perubahan di Ocho ini. Cannondale hanya mengupgrade bearing untuk meminimalisir gesekan.
Handlebar menggunakan one piece. Yakni SystemBar XC One Cockpit. Ringan, berbentuk simple, dan bisa digunakan untuk kabel dalam.
Cannondale mengkombinasikan dengan stem ukuran 60 mm dan 75 mm dan bobotnya untuk handlebar dan stem ini hanya 265 gram.