Bukan Barang Endorse, Eiger Komplain ke YouTuber dan Viral
Merek Eiger ramai diperbincangkan netizen lantaran beredarnya surat teguran yang ditujukan kepada YouTuber Dian Widiyanarko @duniadian. Melalui surat keberatan bernomor 19/Legal_Eigerindo/I/2021 itu, tertulis PT Eigerindo Multi Produk Industri (Eiger) menyatakan keberatannya atas video review salah satu produk mereka.
Dalam surat keberatan itu, disebutkan ada tiga poin yang dinilai kurang puas bagi pihak Eigerindo MPI terhadap video "Review kacamata EIGER Kerato".
1. Kualitas video review produk yang kurang bagus dari segi pengambilan video yang dapat menyebabkan produk kami terlihat berbeda baik dari segi warna, bahan dan detail aksesoris menjadi terlihat kurang jelas.
2. Adanya suara di luar video utama yang dapat mengganggu (noise) sehingga informasi tidak jelas bagi konsumen.
3. Setting lokasi yang kurang proper bagi pengambilan video.
Selain itu, pihak Eigerindo MPI juga meminta Dian untuk menghapus video review tersebut. Akan tetapi, Dian menegaskan, ia tak akan menghapus kontennya karena merasa tak ada yang salah dengan apa yang dilakukannya.
Surat keberantan pihak Eiger pun diunggah Dian Widiyanarko melalui akun Twitter pribadinya. Dian kaget lantaran produk yang diulas adalah barang yang dibeli sendiri dan pihak Eiger tidak melakukan kerja sama atau endorse.
“Halo @eigeradventure jujur kaget saya dapat surat begini dari anda. Lebih kaget lagi baca poin keberatannya. Saya kan review produk gak anda endorse. Kalau anda endorse atau ngiklan boleh lah komplen begitu. Lha ini beli, gak gratis, lalu review pake alat sendiri,” tulis Dian.
Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak 13.600 kali dan disukai sebanyak lebih dari 35.000 kali oleh pengguna Twitter lainnya. Tagar #Eiger pun menjadi trending topik.
Dalam video berdurasi 10 menit 8 detik, Dian menceritakan bahwa ia membeli kacamata berwarna kuning kemerahan itu karena dirasa cocok dengan bentuk wajahnya. Sebab, ia telah mencari-cari produk kacamata yang sesuai ketika digunakan untuk bersepeda.
"Ternyata tidak ada yang muat di muka saya, saking lebarnya, saya sampai malu sama mbaknya (penjaga toko kacamata)," ujar Dian.
"Karena enggak ada yang muat, saya ke store Eiger. Dia bikin kacamata juga, akhirnya saya coba deh salah satu kacamata, eh muat," lanjut Dian dalam video itu.
Selain itu, Dian juga memuji bahwa kacamata sepeda yang dibelinya tergolong pas dari segi harga. Ia juga memuji bahwa produk Eiger memiliki aksesori yang keren pada bagian kaca kuningnya dan kelenturan pada dudukan telinga.
Lima bulan berlalu tiba-tiba Dian mendapatkan Surat Keberatan dari Eiger. Padahal Dian mengaku tidak diendorse.
Terkait viralnya unggahan itu, CEO PT Eigerindo MPI, Ronny Lukito menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang menimpa Dian Widiyanarko.
"Atas nama perusahaan PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI), sebagai perusahaan yang menaungi merk EIGER Adventure, dengan rendah hati kami menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat atas masalah yang terjadi," ujar dalam keterangan resmi.