BTCHN’ Bikes GeoShift dapat Ubah Geometri saat Melaju
Saat ini sedang ada pameran sepeda khusus custom. Namanya MADE Show yang digelar di Portland, Oregon, Amerika Serikat.
Nah, banyak sekali bike builder yang membuat sepeda custom. Kadang ada yang memang memproduksinya sebagai home industry. Kadang mereka hanya membuat satu buah saja sebagai purwarupa.
Pameran MADE Show ini lebih menonjolkan talenta-talenta yang menghasilkan karya indah para pecinta sepeda custom.
Salah satunya adalah karya dari Tyler Reiswig, punggawa dari BTCHN’ Bikes. Banyak karya-karya Tyler yang unik, bisa dilihat dari instagramnya.
Tetapi yang satu ini benar-benar membuat mata melotot. Namanya BTCHN’ Bikes GeoShift. Mengambil dasar dari sebuah frame hardtail. Tanpa suspensi belakang dengan roda mountain bike.
Bike builder yang berbasis di Chico, California ini membuat GeoShift sepeda yang dapat berubah geometrinya ketika sedang melaju.
Caranya? Sudut dari seat tube dapat berubah-ubah sesuai keinginan penggunanya. Jadi apabila sedang bersepeda menanjak, diperlukan seat tube yang lebih tegak agar lebih ringan. Dan sebaliknya jika jalan menurun diperlukan seat tube yang lebih rebah agar lebih stabil.
Nah, perubahan sudut seat tube ini dapat dilakukan ketika sedang melaju, karena Tyler memasang aktuator. Sebuah alat hidrolis yang terdapat as yang bisa keluar masuk hanya dengan sentuhan jari tangan.
Aktuator ini dihubungkan dengan headtube. Lantas memegang bagian tengah seat tube. Sedangkan bagian bawah seat tube sendiri tidak paten, tetapi ada dudukan yang diberi bearing merek Igus dengan as juga merek yang sama. Sehingga seat tube itu dapat bergerak. Jenius bukan!
Sudut yang dapat berubah adalah sekitar 10 derajat. Jadi ketika tegak, seat tube angle mencapai 73 derajat. Ketika rebah sudut seat tube menjadi 83 derajat.
Menurut Tyler, sudut ini dapat dirubah sesuai dengan keinginan penggunanya. Tetapi angka ideal menurutnya adalah 10 derajat ini.
Selain ini, Tyler juga membuat bentuk top tube yang unik, yakni oval. Menurutnya, bentuk oval ini sangat membantu memberikan kenyamanan ketika sudut seat tube berubah-ubah.
Untuk bagian belakang, Tyler mengadopsi dari sepeda Albatross HT. Mayoritas pembalap yang menggunakan sepeda hard tail (HT) ini suka mengendalikan bagian belakangnya di medan-medan tertentu.
Nah, dengan model seat stay turun seperti milik GeoShift ini, Tyler mengatakan, bisa memaksimalkan traksi saat melibas tikungan tipe sedang. Tetap mempertahankan kestabilan dan fleksibilitas frame.
Sayangnya, Tyler tidak berencana membuat sepeda ini jadi produk massal. Tetapi dia dengan senang hati menerima pesanan apabila ada yang menginginkannya.
Advertisement