Brembo Rilis Piringan Cakram 355 mm untuk Motor MotoGP
Motor-motor MotoGP yang berkubikasi 1000 cc itu jelas membutuhkan pengereman yang mumpuni. Apalagi motor purwarupa itu berteknologi tinggi yang bisa menyemburkan tenaga hingga 280 HP (klaim dari Ducati).
Oleh karena itu, Brembo sebagai pemasok tunggal pengereman motor MotoGP terus mengembangkan diri. Untuk musim 2022 ini, Brembo memperkenalkan piringan cakram selebar 355 mm.
Ini ukuran yang ekstrem karena biasanya ukuran piringan rem motor MotoGP kisaran 320 mm hingga 340 mm. Piringan baru ini sudah digunakan di seri pembuka MotoGP 2022 di Sirkuit Lusail, Qatar.
Saat itu, motor yang mencapai kecepatan 362 km/jam harus diperlambat sebelum masuk ke tikungan 13. Lusail memang menguras rem dibandingkan sirkuit lain.
Sebagai perbandingan, di Jerez dan Misano Adriatico pengereman dilakukan 12 kali per lap. Dan durasi pengereman di Sirkuit Lusail juga lebih lama, 40 detik per putaran. Lebih lama 15 detik dibandingkan sirkuit Sachsenring dan Philip Island.
“Energi yang dibutuhkan rem terus meningkat. Itulah mengapa kami meningkatkan diameter ukuran rem cakram di tahun 2022. Sebelumnya Kami telah berbicara dengan semua produsen sehingga peraturan diubah sesuai kebutuhan. Kami memutuskan diameter 355 milimeter di bagian depan.
Mengapa 355 milimeter? Ini adalah ukuran maksimum yang dapat digunakan dengan roda depan saat ini. Rem cakram baru diharapkan dapat digunakan di Austria tahun ini, di Motegi dan Thailand. Cakram 355mm ini akan menjadi lebih umum selama beberapa tahun ke depan karena penggunaan level rem terus meningkat,” tulis Brembo di press releasenya.
Selain mengubah ukuran piringan cakram, Brembo juga sedang bekerja keras mengembangkan komponen lain. Seperti kaliper, piston, dan part lainnya.
Mereka juga sedang meriset bagaimana membuat suhu semua komponen pengereman jadi lebih rendah.