BPJS Kesehatan Kediri Edukasi Masyarakat Layanan Fitur I-Care JKN
Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Cabang Kediri terus memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait Informasi riwayat pelayanan pasien I-Care JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).
Menurut keterangan Tutus Novita Dewi selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kediri, peserta bisa melihat riwayat pelayanan kesehatannya sendiri dengan memanfaatkan teknologi mobile JKN melalui fitur I-Care JKN.
Dengan adanya inovasi tersebut, diharapkan tidak hanya membantu peserta untuk mengetahui riwayat sakitnya saja, tetapi juga sekaligus mempermudah tugas dokter atau pihak rumah sakit ketika akan melakukan diagnosa pengobatan terhadap pasien.
"Dokter atau rumah sakit untuk dapat melihat sebelumnya pasien ini memiliki riwayat sakit apa. Sehingga memudahkan mereka untuk melakukan diagnosa memberikan pengobatannya," terangnya ditemui usai mengikuti kegiatan Media Gathering Ngobrol Santai Tentang Transformasi Mutu Layanan JKN Rabu 27 September 2023.
"Untuk wilayah kantor cabang BPJS Kediri sudah ada tujuh rumah sakit. Tapi kita kembangkan terus sehingga harapannya akhir tahun ini minimal 50 persen rumah sakit bisa menjalankan I-Care JKN," harapnya.
Karena berkaitan dengan kerahasiaan dan keamanan data pasien, pihak BPJS Kesehatan cabang Kediri secara bertahap akan terus berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit atau klinik yang ada di cakupan wilayah kerjanya, meliputi Kediri, Nganjuk dan Blitar untuk pelaksanaan penggunaan program I-Care JKN.
" Untuk klinik malah sudah lumayan banyak. Ada sekitar 20 klinik menjalankan I - Care JKN untuk F KTP. Tetapi bertahap semuanya harus menjalankan I - Care JKN. Cuman karena harus menjaga kerahasiaan data dan sebagainya," pungkasnya.
Selain I -Care JKN, pihak BPJS juga memberikan berbagai layanan kemudahan dengan mengakses Mobile JKN yang memiliki berbagai fitur untuk memudahkan peserta.