Biaya Produksi Squid Game 2 Tembus Rp 1,1 Triliun
Serial hit asal Korea Selatan, Squid Game 2 digadang-gadang akan menyusul kesuksesan musim pertama yang dirilis Netflix, 17 September 2021. Business Insider melaporkan, musim pertama Squid Game menarik perhatian 330 juta penonton dan mencatat 2,8 miliar jam penayangan hingga saat ini. Netflix diperkirakan untung Rp14,5 triliun.
Tak hanya sukses secara finansial, Squid Game musim pertama juga menjadi serial non-Inggris pertama yang meraih banyak penghargaan internasional. Serial ini memenangkan 14 nominasi Emmy dan berhasil membawa pulang enam penghargaan, termasuk untuk Penyutradaraan Luar Biasa dalam Serial Drama untuk Hwang Dong-Hyuk, serta Aktor Utama Luar Biasa untuk Lee Jung-Jae.
Musim kedua Squid Game melanjutkan cerita Seong Gi-hun alias pemain 456, yang akan membongkar organisasi berbahaya yang mengatur permainan maut Squid Game itu. Pengembangan karakter yang mendalam, membuat cerita sebanyak tujuh episode di musim kedua ini diperkirakan akan kembali memukau penonton.
Untuk menghadirkan produksi sebesar ini, Netflix harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Dilaporkan, biaya produksi tembus Rp 1,1 triliun. Biaya besar ini menunjukkan betapa seriusnya Netflix dalam mempertahankan kualitas dan skala cerita sang sutradara, Hwang Dong-Hyuk, untuk memenuhi ekspektasi penonton.
Hwang pertama kali mencetuskan ide untuk serial ini pada 2008. Namun, ide tersebut sempat tertunda karena dianggap terlalu rumit dan tidak komersial. Bahkan, pada masa-masa sulit, ia terpaksa menjual laptopnya untuk bertahan hidup.