AHCC Buka Layanan Dukungan Psikis pada Pasien Kanker
Dalam pengobatan, pasien kanker tak hanya butuh dukungan secara fisik. Tapi juga dukungan secara psikis yang akan sangat berpegaruh pada semangatnya untuk sembuh. Menyadari hal tersebut, Adi Husada Cancer Center (AHCC) menghadirkan layanan Patient Advisor (PA) sebagai pelengkap dari layanan AHCC sebelumnya.
Layanan ini bertujuan memberikan layanan konsultasi pada pasien dan keluarga melalui pendekatan personal yang berarti untuk masing-masing pasien.
Dengan tujuan di atas PA siap mendengarkan cerita pasien, memberikan informasi yang dibutuhkan, serta memberikan pendampingan dalam perjalanan pasien selama menghadapi kanker.
Mei Munawaroh, selaku Senior PA mengatakan, layanan PA juga akan bertugas membuatkan janji dengan dokter, menginformasikan jadwal dokter, meriksa kondisi pasien baru setelah pengobatan.
Tak hanya bantuan secara psikis, AHCC juga akan mengupayakan bantuan dalam keringanan biaya berobat. "Misalnya, ada pasien yang katakanlah kekurangan, kami akan coba rundingan atau konsultasi ke manajemen untuk mencari jalan keluarnya," kata Mei Munawaroh kepada Ngopibareng.id
Selain pelayanan pada pasien, Mei mengungkapkan, layanan ini juga bisa dimanfaatkan mencari informasi bagi caregiver atau wali dari pasien kanker. Seperti informasi tempat tinggal sementara atau tempat makan.
"Ada kan beberapa pasien dari luar kota dan kurang tau Surabaya. Kami disini juga siap membantu untuk mencarikan informasi hotel, tempat penginapan, atau tempat makan," imbuhnya.
Tambahnya, kalaupun pasien dan keluarga ingin ditemani untuk berjalan-jalan atau membeli oleh-oleh khas di Surabaya, pihaknya juga siap menemani dan mengantarkan.
Advertisement