Ber-AKHLAK, ASN Pemkot Probolinggo ‘Bangga Melayani Bangsa
Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo meluncurkan “Core Values dan Employer Branding” bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya di Ruang Puri Manggala Bhakti, Kantor Walikota Probolinggo, Senin, 11 Oktober 2021. Panduan nilai dan branding karyawan itu meliputi “Ber-AKHLAK” yakni, Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaftif, dan Kolaboratif.
Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, peluncuran ‘Core Values dan Employer Branding’ ASN Ber-AKHLAK sekaligus deklarasi (komitmen) untuk bersama-sama mewujudkan apa yang menjadi harapan. “Keluarga besar Pemkot Probolinggo berkomitmen untuk betul-betul melaksanakan apa yang menjadi harapan kita semua, Ber-AKHLAK,” ujarnya.
Core Values ASN ini sebagai intisari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan seluruh ASN. Hashtag-nya, #banggamelayanibangsa merupakan Employer Branding ASN yang melayani sepenuh hati.
“Mari jadikan diri kita, pada momentum yang berharga ini sebagai abdi negara untuk melakukan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Probolinggo khususnya. Ini menjadi kewajiban kita,” kata Habib Hadi, panggilan akrab walikota.
Peluncuran Ber-AKHLAK bebarengan dengan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW (Rabi’ul Awwal), kata Habib Hadi, sangat pas dikaitkan dengan akhlak Rasulullah SAW yang harus diteladani.
“Jadilah ASN yang mampu menunjukkan jati diri, karakter, sifat, tingkah laku untuk menjadi teladan bagi masyarakat. ASN hendaknya mengedepankan akhlak dan toleransi satu sama lain, untuk menunjukkan pengabdian kepada nusa, bangsa dan negara,” kata walikota.
Sementara itu, Sekda Ninik Ira Wibawati dalam laporannya menyampaikan, peluncuran nilai dasar ini adalah untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN. Soalnya, selama ini nilai-nilai dasar itu berbeda-beda dan bervariasi di sejumlah instansi pemerintah.
Core Values ASN, kata Sekda Ninik, hendaknya menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang diterapkan mulai pusat hingga daerah. “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat hingga daerah mempynyai core values yang sama,” katanya.
Asn diharapkan mempunyai semangat dan semboyan yang sama dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Orientasi layanan yang berkualitas dan profesional, harus dimaknai dengan baik oleh seluruh ASN. ASN harus bisa mendobrak dan menghapus stigma negatif masyarakat,” katanya. (Adv)