Belajar Matematika dan Bahasa Inggris dengan Inovasi The Climber
Pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris biasanya hanya diajarkan dengan cara konvensional di kelas. Sehingga terkesan membosankan dan susah untuk dipahami.
Namun, saat ini kedua pelajaran tersebut dapat dipelajari secara menyenangkan dengan sebuah board game yang bernama 'The Climber'.
Board game ini merupakan inovasi dari Golda N Waworuntu, mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra Surabaya.
"Board game ini bisa dimainkan empat orang dalam sekali permainan. Untuk desain permainannya terinspirasi dari realita yang dialami oleh masyarakat pedalaman Nusa Tenggara Timur (NTT) yang kesulitan mendapatkan air bersih," kata Golda N Waworuntu.
Golda menceritakan, dalam permainan ini mereka (pemain) harus menolong desanya untuk mendapatkan air bersih. Mereka harus naik gunung untuk mengumpulkan persedian air bersih.
Nah, dalam perjalanan ini ada misi-misi untuk mendapatkan persedian dan mereka dituntut menyusunnya menjadi puzzel. Setelah puzzel tersusun berarti permaianan mereka berhasil.
"Saat menjalankan misi para siswa tersebut akan mendapatkan kartu perintah untuk menjawab pertanyaan dengan soal penjumlahan dan soal Bahasa Inggris," ujar mahasiswa yang baru menyelesaikan tugas akhirnya ini.
Lanjut, Golda dengan cara seperti ini mereka bisa dengan perlahan memahami kedua soal pelajaran tersebut. Dengan cara yang menyenangkan.
Tak hanya desain. Dalam pemilihan karakternya, Golda juga menggunakan hewan khas NTT yang dikombinasikan dengan profesi yang menggambarkan masyarakat di daerah Kupang. Seperti petani, nelayan, pedagang, dan buruh.
"Permainan juga mengajarkan tentang solidaritas. Karena setiap pengambilan dadu, nyawanya berkurang satu,"imbuh Golda.
Kedepannya, Golda berharap dapat terus mengembangkan board game ini untuk bisa dimanfaatkan banyak orang, khusunya anak-anak yang kesulitan dengan kedua pelajaran tersebut.
"Selain itu nantinya juga ingin mengangkat tema Provinsi lain untuk permainan ini," tutupnya.
Advertisement