Basso Diamante Generasi Delapan Lebih Rapi dan Ringan
Basso Diamante, sepeda yang murni buatan Italia ini mendapatkan sentuhan upgrade. Diamante sudah eksis sepanjang 22 tahun. Dan terus berevolusi menjadi yang terbaik.
Karbon lebih ringan, roda yang lebih besar, disc brake, aerodinamis sekaligus nyaman, dan integrated serta internal cable. Diamante baru mendapatkan itu semua.
Penampilan dari luar generasi kedelapan ini tidak terlalu banyak berubah. Tetapi lebih pada perubahan detail.
Geometri berubah, juga bisa mengakomodasi ban ukuran lebih besar 15 persen. Lantas, bobot juga dipangkas sekitar 20 persen.
Untuk kabelnya semua masuk ke dalam, internal routing. Untuk bentuk frame, Basso tidak mengikuti trend dunia yang mengarah ke sepeda aero, Basso Diamante memilih bentuk frame yang membulat. Menguatkan kesan sebagai frame modern classic.
Meski begitu, Diamante masih mendapatkan sentuhan sepeda aero. Terlihat dari seat tube yang ada ruang coakan khas sepeda aero. Sekaligus untuk ruang mengakomodasi ban 32 mm bawaan pabrik.
Seatclamp Diamante yang khas juga ikut diupgrade. Menggunakan tiga baut dan menekan seatpost dari belakang. Sepintas bentuk seatpost bundar seperti biasa, tetapi kenyataannya ada cekungan di belakang. Dan cekungan ini jadi area yang ditekan oleh seatclamp.
Untuk bobot, frame Diamante ini lebih ringan 200 gram dibandingkan sebelumnya. Gara-gara menggunakan karbon hi-mod. Jadi untuk ukuran 53 cm, bobotnya hanya 760 gram.
Bentuk fork nya juga berubah. Lebih slim serta ada transisi di bagian crown. Mengingatkan atas fork dari sepeda Basso aero, Diamante SV dan Palta II.
Untuk geometri, Diamante baru ini mengubah headtube dibuat lebih rebah 0,4 derajat. Lalu bagian segitiga depan dibuat lebih panjang. Tetapi chainstay masih tetap 400 mm dengan ban yang lebih besar.
Basso mengklaim dengan perubahan ini, Diamante akan lebih responsif di kecepatan rendah, dan stabil di kecepatan tinggi.