Banyak Rahasia KTM RC16 Mengantar Binder Juara
Selain Enia Bastianini (Gresini Racing) yang membuat berita dengan memenangkan seri pembuka MotoGP Qatar 2022, Brad Binder (Red Bull KTM Racing) juga mengagetkan publik pecinta MotoGP.
Binder berhasil menduduki peringkat kedua di belakang Bastianini padahal motor KTM RC16 2022 nampak tidak banyak berubah.
Saat tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia dan Sirkuit Mandalika, Lombok pun performa Red Bull KTM Racing tidak terlalu menonjol.
Tapi ternyata, mereka menyimpan banyak rahasia pengembangan di balik fairing KTM RC16 2022 itu. Hampir sama dengan semua motor yang menggunakan konfigurasi V4, yakni fokus pada pengembangan grip roda belakang, KTM RC16 2022 pun juga melakukan hal itu. Karena ban Michelin sangat tangguh untuk grip roda belakang.
Soal bagaimana KTM menambah grip roda belakang itu merupakan rahasia dapurnya. Tetapi bila diperhatikan, dimensi RC16 2022 ini lebih panjang dibandingkan model RC16 2021.
Selain itu juga ada ride height adjuster yang dikembangkan oleh KTM sendiri. “Dimensi motor dan setup benar-benar beda dengan motor tahun lalu,” aku Binder.
Dia juga menambahkan bahwa paket aerodinamika yang dikembangkan oleh tim mampu membuat roda depan lebih mudah dikendalikan.
“Dengan perangkat aerodinamika ini saya bisa memaksa kinerja roda depan lebih maksimal. Jadi saya bisa lebih agresif melakukan late braking,” bilang Binder.
Memang, sejak tes pramusim, KTM sudah banyak memasang perangkat aerodinamika di fairing. Mulai aero winglet hingga side pod.
“Tahun ini kami mengembangkan motor untuk meningkatkan aerodinamikanya,” tutup Sebastian Risse, pimpinan proyek KTM RC16.
Advertisement