Atasi Dampak Pandemi Covid-19, Persebaya Store Gandeng UMKM Lokal
Di tengah ketidakpastian liga dan perekonomian akibat pandemi Covid-19, Persebaya Store (PS) menghadirkan inovasi bagi para penggemar Bajol Ijo di Surabaya.
Mengusung program 'Wani Kolaborasi' menjadi jurus PS untuk melewati masa sulit seperti sekarang. Yang membuat program Wani Kolaborasi menjadi istimewa adalah PS menggandeng berbagai merk lokal untuk menciptakan brand baru.
Senior Manajer Persebaya Store Rizal menjelaskan bahwa, Wani Kolaborasi memang sengaja menyasar merk lokal untuk diajak kerjasama.
Dengan kerjasama itu diharapkan dapat membuat sebuah inovasi bisnis yang dibutuhkan masyarakat, khususnya Bonek. Terutama pada masa pandemi seperti sekarang yang membutuhkan kreativitas lebih untuk dapat bertahan.
"Wani Kolaborasi adalah sebuah bentuk kampanye bersama dengan brand lokal yg diinisiasi oleh Persebaya Store. Seperti kita tahu, di masa sulit pandemi seperti sekarang, kami rasa salah satu cara agar kita terus bisa survive adalah dengan berkolaborasi, berjalan bersama dengan rekan rekan di industri kreatif dam menghadapi hantaman pandemi covid-19 ini," kata Rizal.
Menurutnya, saat ini program Wani Kolaborasi telah menelorkan dua brand baru. Salah satunya adalah Wani Cukur. Berkolaborasi dengan Mr Cukur Barbershop, PS membuka gerai potong rambut di Persebaya Store Komplek. Bahkan pemain muda Persebaya, Koko Ari didapuk sebagai brand ambassador.
Selain itu, PS juga menelurkan layanan cuci sepatu yang bekerjasama dengan Shoes and Care Surabaya. Berlokasi di tempat yang sama seperti Wani Cukur, brand cuci sepatu besutan PS diharapkan bisa melayani masyarakat, khususnya Bonek yang membutuhkan jasa pembersihan sepatu. Mengingat saat di Surabaya sedang musim penghujan, sehingga permintaan untuk cuci sepatu sedang meningkat.
"Sejauh ini kita sedang meluncurkan brand Wani Cukur yaitu kolaborasi antara Persebaya Store dan Mr. Cukur Barbershop, lalu ada juga Cuci Sepatu dengan brand Shoes and Care Surabaya. Keduanya berlokasi di Persebaya Store Komplek," katanya.
Kedepannya, Wani Kolaborasi masih akan dikembangkan dalam waktu ke depan oleh tim Persebaya Store. Rizal menyatakan tidak akan membatasi waktu untuk program satu ini.
Ia mengakui, tim Persebaya melalui PS ingin menggandeng sebanyak-banyaknya merk lokal untuk bersama-sama ikut berkembang menjadi lebih besar.
"Ke depan, kami juga membuka ruang untuk siapapun brand lokal, dalam usaha bidang apapun, untuk menghubungi Persebaya Store. Siapa tahu, ada peluang kerjasama Wani Kolaborasi dengan kami. Targetnya tidak terbatas waktu, bahkan kalaupun pandemi ini sudah berakhir, komitmen kami untuk bisa bersama-sama memajukan brand lokal Indonesia," tandasnya.