Aurum Manto, Sepeda Gravel Maha Karya Contador-Basso
Berbekal pengalaman balapan profesional menggunakan puluhan merek sepeda, Alberto Contador dan Ivan Basso menyimpulkan sepeda terbaik menurut mereka. Lahirlah Aurum bikes tahun 2020.
Sepeda performa tinggi pertama mereka adalah Magma. Nah, menyambut balapan gravel terakbar di dunia, Unbound Gravel yang akan digelar bulan Mei mendatang, mereka meluncurkan sepeda gravel, Aurum Manto.
Di launching di Mallorca, Spanyol tetapi baru akan tersedia di pasaran saat balapan Unbound Gravel bulan depan. Manto dibuat dengan roh balap dari Magma yang mengedepankan aerodinamika serta bobot yang ringan.
Desain frame mirip dengan Magma, yakni dengan tubing model air mata (NACA Airfoil tube shapes). Hanya ukurannya yang diperbesar untuk mengakomodasi sepeda gravel yang memerlukan frame kokoh.
Juga frame ini akan mengakomodasi ban besar khas sepeda gravel sekaligus efisien di kecepatan rendah di medan offroad.
Manto tersedia dalam lima ukuran dan dapat dipasangi ban gravel ukuran 40-45 mm. Ukuran 45 mm ini adalah ukuran yang paling ideal untuk bisa mendapatkan paduan dari traksi, kecepatan, dan kenyamanan untuk segala medan.
Frame Aurum Magma menggunakan teknologi Experience Carbon Technology (ECT) yang merupakan paduan yang seimbang antara bobot ringan, kekuatan struktural, dan kenyamanan.
Menurut Aurum, dalam mendesain Manto ini lebih kompleks daripada Magma. Harus memperhatikan tiga aspek sekaligus dalam satu frame.
Manto tidak menggunakan dropped seat stay seperti yang sedang ngetrend saat ini. Tetapi desain seat stay konvensional yang dipercaya bisa memaksimalkan traksi roda belakang.
Mengakomodasi kenyamanan, seat stay dibuat tipis sehingga bisa fleksibel saat ditunggangi.
Seperti sepeda-sepeda baru. Aurum Manto menggunakan headset ukuran 1,5 inci dengan full kabel dalam. Untuk seat clamp, Manto menggunakan sistem wedge clamp, cukup kuat memegang seat post bundar ukuran 27,2 mm.
Untuk bottom bracket, Manto mengadopsi sistem drat T47 dengan lebar 86 mm.
Seperti sepeda gravel pada umumnya, chain stay Manto dibuat semi dropped asymmetric. Memberikan ruang untuk chainring dan ukuran ban gambot. Tanpa harus mengorbankan kekuatan dan kekakuan frame.
Manto bisa dipasangi chainring double ataupun single. Dan frame ini bisa mengakomodasi grup set elektrik maupun mekanikal biasa.
Frame yang tersedia dalam tiga warna, yakni Castilla yellow, Astur green, dan Mediterraneo orange ini dibanderol 3500-4000 euro.