Aplikasi Bubble Berbayar Demi Ngobrol bareng Artis
Istilah Anies Bubble muncul setelah ada seorang penggemar dari calon presiden, Anies Baswedan membuat akun dengan nama pengguna @aniesbubble di X (Twitter). Tampilan nama akun itu pun cukup unik karena menggunakan aksara Korea atau Hangul.
Akun @aniesbubble juga membuatkan ikon khusus, yakni burung hantu. Kini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu dipanggil dengan sebutan "owl ahjussi" dan "uri owl". Tentunya panggilan itu sangat melekat dengan kalangan penggemar K-pop.
Dikutip dari laman Mashable, Bubble diciptakan oleh Dear U. Perusahaan ini pengembang perangkat lunak Korea Selatan di bawah anak perusahaan SM Entertainment, SM Studios.
Khusus grup di bawah naungan SM Entertainment, perusahaan menciptakan aplikasi bernama Lysn, untuk menghubungkan penggemar dan idol.
Perusahaan yang sama juga telah membuat aplikasi khusus untuk artis JYP Entertainment yang disebut Bubble JYP atau bubble for JYPnation.
Selain dua agensi hiburan tersebut, Bubble turut tersedia untuk rumah hiburan lain, seperti WM Entertainment, Starship Entertainment, dan IST Entertainment.
Bayar Dulu Baru Bisa Ngobrol
Sebelum memainkan aplikasi, penggemar perlu membayar untuk mendapatkan akses ke Bubble artis dan melihat konten eksklusif dari artis favorit. Seharga Rp 61.406 per bulan.
Biaya berlangganan untuk dua artis kisaran Rp 107.576 per bulan, serta setara Rp 153.746 per bulan untuk tiga idol sekaligus.
Namun, biaya tersebut cukup memuaskan karena aplikasi juga menawarkan layanan komunikasi antara artis dan penggemar.
Tersedia Bahasa Inggris dan Korea dll
Tidak perlu khawatir terkendala bahasa, Bubble menyediakan layanan terjemahan dari Bahasa Korea ke Bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Bahkan, lantaran konten bersifat eksklusif, seperti dikutip laman Hankyung, artis biasanya menceritakan "kisah lebih mendalam" pada layanan berbayar ini.
Penggemar juga kerap merasa telah berkomunikasi secara lebih dekat dengan para artis dibandingkan media sosial umumnya. Penggemar pun kerap membagikan konten Bubble ke media sosial lain, seperti X dan TikTok, agar dapat dikonsumsi oleh penggemar yang tidak berlangganan.
Fitur Bubble
Setelah membayar untuk berlangganan artis, penggemar dapat melihat dan mengunduh foto, video, maupun audio yang dikirim sang idola. Penggemar juga dapat mengirim pesan ke artis yang dipilih, tetapi dibatasi maksimal tiga pesan sekaligus ke ruang obrolan.
Pesan tersebut pun dibatasi dengan jumlah karakter sesuai berapa lama telah menggunakan aplikasi, yakni 30 karakter untuk 49 hari pertama, dan 50 karakter setelahnya dan seterusnya.
Meski tampak seperti ruang obrolan pribadi, artis akan melihat pesan-pesan yang dikirim penggemar seperti dalam sebuah grup obrolan besar. Pesan yang dikirim kepada artis juga bersifat sepihak, sehingga artis tidak dapat membalas ke penggemar yang bersangkutan secara langsung.