Aplikasi Access by KAI sempat Eror, Kini sudah Normal
Aplikasi pengganti KAI Access, Access by KAI, sempat mengalami eror yang menyebabkan pengguna tidak bisa login dan membeli tiket kereta, Kamis 4 Januari 2023 pagi. Calon penumpang harus mengunjungi loket di stasiun kereta api (KA).
Selain itu, calon penumpang juga tidak dapat melakukan perjalanan mereka karena tiket kereta yang masih tersimpan dalam aplikasi tidak dapat diakses.
Melalui akun X (Twitter) resmi KAI @KAI121, pihak KAI mengunggah permohonan maaf kepada pelanggan dan pelaku perjalanan atas tidak berjalannya sistem pada aplikasi KAI Access.
“KAI memohon maaf atas gangguan pelayanan penjualan yang sempat dialami pelanggan, saat melakukan pemesanan tiket online melalui aplikasi Access by KAI, channel atau mitra eksternal, loket box, dan website http://kai.id. Hal tersebut disebabkan karena kendala jaringan internet publik, sehingga berimbas pada pemesanan tiket online dan sedang dalam penanganan unit terkait," tulis admin.
Akan tetapi, saat ini aplikasi KAI sudah kembali normal dan bisa digunakan kembali. “Saat ini, penjualan tiket online sudah berangsur normal dan pemesanan tiket secara online sudah bisa kembali dilakukan. Terima kasih," lanjut KAI.
VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus mengatakan, Access by KAI memang sempat mengalami eror, baik gangguan saat masuk atau login, maupun saat akan melakukan transaksi tiket kereta api. Bukan hanya di aplikasi, gangguan juga terjadi di mitra eksternal, loket boks, dan situs resmi kai.id.
"PT Kereta Api Indonesia (Persero) memohon maaf atas gangguan pelayanan penjualan yang sempat dialami pelanggan. Sekarang sudah normal. Sudah bisa login dan bertransaksi," ujarnya.
Access by KAI adalah aplikasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia (PT. KAI) untuk pemesanan tiket perjalanan secara daring.
Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pelaku perjalanan untuk memesan tiket di mana saja dan kapan saja dan sudah dilengkapi dengan alat pembayaran secara non tunai yang mudah dan praktis.