Angkutan Lebaran Usai, 3 Stasiun Ini Favorit Penumpang Kereta Api
Selama masa posko angkutan lebaran 2022, PT KAI Daop 8 Surabaya telah melayani sebanyak 634.459 pelanggan baik berangkat dan tiba. Hingga Kamis 12 MeI 2022, KAI Daop 8 Surabaya mencatat keberangkatan sebanyak 315.168 pelanggan. Adapun 3 stasiun keberangkatan tertinggi yakni Stasiun Surabaya Gubeng dengan 105.600 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 90.576 pelanggan, dan Stasiun Malang 42.446 pelanggan.
Manager Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif dalam keterangan tertulisnya merinci, jumlah pelanggan yang datang di wilayah Daop 8 sebanyak 319.251, dengan stasiun pemberhentian favorit yakni Stasiun Surabaya Gubeng dengan 103.630 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 93.985 pelanggan, dan Stasiun Malang 43.634 pelanggan.
Selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 2022, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 878 perjalanan pKA jarak jauh dengan kapasitas 531.437 tempat duduk.
Selain itu, selama angkutan Lebaran, KAI Daop 8 telah menolak sebanyak 53 pelanggan karena tidak memenuhi persyaratan sesuai SE Kemenhub no.39 & 49 tahun 2022.
"Kami akan terus menjaga konsistensi penerapan disiplin protokol kesehatan dengan tegas, demi keselamatan dan kenyamanan kita semua," kata Luqman, Sabtu 14 Mei 2022.
Berbagai upaya telah dilakukan oleh KAI Daop 8 Surabaya bersama stakeholder terkait dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan melakukan mudik dan balik pada Lebaran ini.
Mulai dari layanan vaksin di stasiun, layanan RT-Antigen di 11 Stasiun, faktor keamanan dari TNI/Polri, fasilitas untuk mendukung protokol kesehatan, serta para petugas pokso dari pramuka dan komunitas KA yang turut terjun membantu pelayanan di stasiun.
Advertisement