Airport Digital Lounge Bikin Liburan Makin Nyaman
PT Angkasa Pura II seolah tidak pernah berhenti melakukan inovasi pada Bandara Soekarno Hatta. PT AP II menjadikan shelter bus terminal 2 sebagai pilot project sistem antrean bus. Bandara ini juga dilengkapi dengan Airport Digital Lounge. Layanan ini dijamin mempermudah pengunjung bandara pada libur Natal dan Tahun Baru 2019.
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Awaluddin menyatakan, ada 5 Bus Apron Lower Deck yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta. Di terminal 3, bahkan ada Hotel Kapsul yang bisa dimanfaatkan siapapun. Sementara untuk keamanan, terdapat sistem digital yakni Airport Security Web.
"Seluruh terminal di Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi Airport Digital Lounge. Tujuannya, untuk mempermudah perjalanan para penumpang maupun para pengguna jasa di bandara," ujarnya, Senin (24/12).
Menurut Awaluddin, digital lounge adalah representasi dari program Airport Digital Journey Experience di seluruh bandara Angkasa Pura II. Airport Digital Journey Experience sendiri merupakan program utama korporasi dalam melakukan inovasi yang terpola. Tujuannya, untuk menjadikan bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura II berkelas dunia.
Airport Digital Lounge diharapkan dapat menjadi pusat informasi. Lebih tepatnya sebagai sebuah layanan digital untuk lebih mempermudah perjalanan pengguna jasa, serta aktivitas penunjang lainnya. Pengimplementasian Airport Digital Lounge juga akan disesuaikan dengan karakteristik masing-masing bandara yang dikelola Angkasa Pura II.
Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan pada Airport Digital Lounge yaitu pelayanan informasi, self check-in counter, virtual assistant melalui chat bot, coworking space, digital wayfinding, reservasi perjalanan/akomodasi, dan official airport merchandise store.
"Anda juga bisa melihat digital cinema di terminal 3. Sementara pengantar di terminal 1 & 2, dapat masuk ke area lain di Bandara Soekarno-Hatta," bebernya.
Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap, seluruh cabang Angkasa Pura II dilengkapi Airport Digital Lounge. Sebab, sebagai pusat layanan terintegrasi dari Angkasa Pura II, Airport Digital Lounge sudah menawarkan kemudahan layanan informasi bandara dengan teknologi digital terkini (state of the art technology).
"Peningkatan fasilitas dan pelayanan bandara sangat penting bagi industri pariwisata. Sebab, saat ini mayoritas wisatawan memilih bepergian menggunakan jalur udara. Saya optimis layanan Airport Digital Lounge dapat meningkatkan kunjungan wisatawan," tegasnya. (*)