Agnez Mo, Raisa, Cinta Laura, Rich Brian di Forbes Asia's 100
Majalah Forbes Asia merilis 100 daftar Forbes Asia's 100 Digital Stars 2020 atau bintang paling berpengaruh secara digital sepanjang 2020. Di antara daftar tersebut, ada empat selebriti asal Indonesia yakni Agnez Mo, Rich Brian, Raisa, dan Cinta Laura Kiehl.
Daftar yang dirilis pada 7 Desember lalu itu memuat sosok penting dalam dunia hiburan seperti penyanyi, band dan bintang film serta televisi dari seluruh wilayah Asia-Pasifik yang dianggap menggemparkan dunia digital.
"Dengan kehadiran media sosial mereka yang kuat, para pelopor ini telah mengumpulkan jutaan pengikut setia di seluruh platform populer, menjadikan mereka terkenal di dunia maya seperti saat mereka di panggung dan layar," kata Forbes Asia dalam laman resmi mereka.
Forbes menyebut daftar ini digarap berdasarkan aktivitas di sosial media dan keterlibatan pengikut mereka. Forbes juga menyebut mempertimbangkan karya terbaru mereka, dampaknya, serta sokongan iklan juga industri, dan pengakuan atas mereka di level lokal, regional, juga global.
Nama-nama besar dari Asia-Pasifik adalah Chris Hemsworth hingga Katherine Langford mewakili Australia; Amitabh Bachchan hingga Shah Rukh Khan menjadi beberapa nama dari India; Mario Maurer hingga Davika Hoorne jadi nama yang bersinar dari Thailand; sementara Korea Selatan membawa nama BTS, TWICE, Red Velvet, EXO (dan dua mantan member mereka Lu Han dan Kris), Suzy, Nam Joo Hyuk, Lee Min Ho, hingga Lee Sung Kyung.
Berikut ini empat nama artis Indonesia yang dinilai Forbes pantas masuk ke dalam daftar Forbes Asia's 100 Digital Stars:
1. Agnez Mo
Memulai karir sejak masa kanak-kanak hingga kini, Agnez Mo telah berkecimpung di industri hiburan Tanah Air selama 28 tahun. Dia bahkan mengembangkan sayap karirnya hingga ke Amerika Serikat. Forbes menyoroti tahun-tahun aktif Agnez Mo di dunia musik termasuk kolaborasinya dengan musisi Amerika Serikat seperti Steve Aoki, Chris Brown, hingga Timbaland.
"Memiliki 47 juta pengikut di media sosial, Agnez Mo mengkampanyekan anti-narkoba dan perdagangan manusia. Mei (2020) dia ikut jadi penampil di konser amal yang menghasilkan lebih dari 100 ribu dolar AS buat United Way Worldwide dalam usaha mereka buat menanggulangi Covid-19," tulis Forbes.
2. Rich Brian
Sejak kemunculannya dengan nama Rich Chigga, nama rapper Brian Imanuel Soewarno ini semakin bersinar dan gemilang sebagai perwakilan Asia pada umumnya dan Indonesia khususnya di ranah internasional. Rich Brian kini jadi salah satu pentolan manajemen 88rising bersama sederet bintang Asia lainnya termasuk NIKI dan Stephanie Poetri dari Indonesia.
"Brian Imanuel Soewarno mengerjakan album terbarunya 1999 selama karantina. April (2020) dia merilis dua versi video musik berjudul Bali yang ditonton lebih dari 8 juta kali di YouTube," tulis Forbes.
Tidak lupa juga Forbes menyoroti bagaimana kesuksesan Rich Brian yang debut di usia 19 tahun lewat Dat $tick yang viral.
3. Cinta Laura Khiel
Forbes memasukkan nama Cinta Laura dalam daftarnya, tak hanya karena prestasinya di bidang musik dan film, tetapi juga pengaruhnya di dunia digital lewat endorsement. Cinta Laura punya lebih dari 8 juta pengikut di Instagram. Dia pun kemudian dilirik buat jadi brand ambassador berbagai brand mulai dari Bulgari, Oppo, dan Uniqlo. Tahun lalu, artis 27 tahun merilis single berjudul Vida dan Caliente.
4. Raisa
Raisa diberi kehormatan melengkapi daftar Forbes Asia's 100 Digital Stars. Konser di GBK pun jadi salah satu tolok ukur Forbes buat memasukkan namanya ke dalam daftar tersebut.
"Setelah menjual 10 ribu tiket hanya dalam 14 jam untuk konser di bulan Juni di Jakarta, Raisa Andriana harus membatalkannya karena pandemi. Lebih dari 40 juta pengikut di media sosial, video musik lagu Bahasa Kalbu ditonton lebih dari 8,5 juta di YouTube dan didengarkan 9 juta kali di Spotify sejak dirilis Agustus," tulis Forbes di profil Raisa.