7 Girl Grup Korea dengan Penjualan Album Tertinggi di 2023
K-Pop di tahun 2023 terasa sangat menyenangkan, dengan dihiasi berbagai lagu populer dan enak dari para girl grup K-Pop. Dilansir dari Allkpop mulai dari girl grup rookie seperti NewJeans hingga generasi ke 2 yakni TWICE berhasil mendapatkan gelar penjualan album terbanyak di 2023 melalui lagu-lagu hit yang mereka keluarkan pada tahun 2023. Lantas siapa saja girl grup lain yang sukses mendapatkan keberhasilan ini?
1. NewJeans - 4,349,904 total sales (2 album rilis di 2023)
Sudah hampir setahun sejak debutnya, girl grup yang berada di bawah naungan agensi ADOR ini telah berhasil menciptakan hit baru di dunia girl grup tepatnya bagi generasi ke-4. Pada bulan Juli 2022, New Jeans merilis single debut mereka yang berjudul "Attention". Tidak lama setelah itu, mereka meluncurkan "Hype Boy", lagu ini sukses menjadi hot seluruh dunia dan mencatatkan rekor sebagai lagu terlama oleh girl grup K-pop di Billboard Global 200. Lagu ini bahkan mampu bertahan di tangga lagu selama 35 minggu, menjadikannya hit global pertama bagi New Jeans.
Album pertama mereka pada tahun 2023, berjudul "OMG", dirilis pada bulan Januari dan berhasil terjual lebih dari satu juta kopi. Title track dari album tersebut, juga berjudul "OMG", dan berhasil menjadi viral di platform TikTok.
Pada bulan Juli NewJeans melakukan comeback seperti yang dilansir dari Soompi dengan merilis mini album kedua berjudul "Get Up". Mini album ini memuat enam lagu, termasuk "New Jeans", "Super Shy", "ETA", "Cool With You", "Get Naik", dan "ASAP".
Menurut keterangan dari ADOR, lagu pertama dalam mini album ini, "New Jeans", menjadi sebagai prolog untuk album tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa lagu ini akan diikuti oleh sebuah video musik yang dibuat bekerja sama dengan acara kartun populer "The Power Puff Girls", sebagai perayaan ulang tahun ke-25 dari acara tersebut.
2. IVE - 3,760,654 total sales (2 album rilis di 2023)
Album studio perdana mereka yang berjudul 'I've IVE' memasukkan lagu pra-rilis yang berjudul 'Kitsch'. Dilansir dari NME Lagu ini, mencapai prestasi yang sangat diidamkan pada tahun 2023 dengan meraih Perfect All-Kill (PAK).
Setelah sukses dengan sertifikasi all-kill di tangga musik Korea melalui lagu pra-rilis yang menarik berjudul “Kitsch,” yang menjadi lagu pertama pada tahun 2023 yang mencapai prestasi tersebut, IVE meluncurkan album studio pertama mereka yang berjudul “I've IVE” minggu depan. Album ini akan mencakup lagu-lagu seperti Blue Blood, I AM, Kitsch (single pra-rilis), Lips, Heroine, Mine, Hypnosis, NOT YOUR GIRL, Next Page, Cherish, dan Shine With Me.
Pada tanggal 13 Oktober 2023, PinkVilla menyebutkan bahwa 'I've Mine' memperlihatkan berbagai aspek dari girl grup IVE. Mini album terbaru ini menyajikan pesan-pesan yang kuat mengenai penerimaan diri dan ketahanan.
I’VE MINE merupakan mini album perdana dari grup ini, memuat enam lagu yang termasuk tiga lagu utama mereka, yaitu Baddie, Anyway, dan Off The Record. Sementara itu, tiga lagu lainnya dalam album ini adalah Holy Moly, OTT, dan Payback. Dengan rap yang kuat, irama yang catchy, dan video musik yang memukau, album ini berhasil menarik perhatian.
3. aespa - 3,359,945 total sales (2 album rilis di 2023)
pada tahun 2023 aespa mengeluarkan mini album terbaru yang berjudul "MY WORLD" dengan menampilkan lagu utama bertajuk "Spicy", dilansir dari The Kraze lagu ini dirilis pada 8 Mei pukul 18.00 KST 2023.
"MY WORLD" terdiri atas 6 lagu, termasuk lagu utama. Sebelum peluncuran album, aespa merilis “Welcome to MY World,” sebuah video musik yang menampilkan karakter AI yang menjadi ikon aespa yakni, naevis. Dengan lagu yang menjadi lagu utama 'Spicy', lagu ini secara khusus memperlihatkan kemampuan vokal aespa dengan suara yang lebih lembut. Empat lagu lain yang ada dalam album ini adalah “Salty & Sweet”, “Thirsty”, “I’m Unhappy”, dan “‘Til We Meet Again”.
Kemudian pada Agustus 2023 aespa merilis sebuah single berbahasa inggris yakni ‘Better Things’, Lagu ini merupakan rilisan kedua dari aespa di tahun 2023.
Sementara itu, ‘Drama’ adalah EP kedua dan rilisan ketiga dari Aespa di tahun 2023, menyusul rilis ‘MY WORLD’ pada bulan Mei dan 'Better Things' pada Agustus. Album ‘Drama’ ini juga memuat lagu-lagu baru seperti ‘Trick or Treat’, ‘Don’t Blink’, ‘Hot Air Balloon’, ‘You’, ‘YOLO’, dan ‘Better Things’. ‘YOLO’ menjadi salah satu lagu yang mereka bawakan dalam tur tahun 2023 bersama dengan ‘Better Things’, sebuah single berbahasa Inggris.
4. TWICE - 2,178,815 (1 album rilis di 2023)
Twice, yang tidak perlu diperdebatkan lagi kesuksesannya, merupakan salah satu girl grup terbesar dan paling populer di dunia K-pop. Grup yang berada di bawah naungan agensi JYp Entertainment ini terdiri dari Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu, memulai debut mereka dari survival show pada tahun 2015. Dengan proses lama yang harus mereka lalui, mereka telah berhasil meraih ketenaran melalui hits seperti "Cheer Up," "TT," dan "Like Ooh-Ahh." Sejak saat itu, Twice telah menjadi salah satu grup K-pop paling sukses dan dicintai tidak hanya di Korea Selatan namun di seluruh dunia juga.
Single terbaru mereka, "Set Me Free," menciptakan kehebohan dalam industri K-pop. Dengan perilisan yang mendadak pada 10 Maret 2023 sebagai lagu B-side di mini album ke-10 grup yang berjudul "Taste of Love," "Set Me Free" segera menjadi favorit penggemar. Video musiknya telah ditonton jutaan kali di platform YouTube.
"Set Me Free" adalah judul lagu dari mini album terbaru mereka yang berjudul ‘Ready To Be’. Album ini tidak hanya mencakup single kedua berbahasa Inggris mereka, "Moonlight Sunrise," tetapi juga versi bahasa Inggris dari "Set Me Free." Selain itu pula, mini album ini menampilkan lagu-lagu penting lainnya seperti "Blame It On Me" dan "Crazy Stupid Love," yang keduanya ditulis oleh rapper dari TWICE yaitu Dahyun.
‘Ready To Be’ hadir sekitar delapan bulan setelah perilisan mini album terakhir mereka yang berjudul ‘Between 1&2’. Mini album ini dirilis setelah TWICE memperbarui kontrak mereka dengan JYP Entertainment pada awal tahun 2022.
5. Le Sserafim - 1,964,432 total sales (1 album rilis di 2023)
Le Sserafim dengan berani menetapkan jalannya sendiri dengan merilis album studio perdana mereka, Unforgiven, menandai setahun sejak debut mereka. Album ini menampilkan kolaborasi dengan musisi terkenal secara global. Single utama, Unforgiven (feat. Nile Rodgers)," mencerminkan kedekatan mereka yang penuh keberanian.
Unforgiven, album studio pertama Le Sserafim, telah rilis sejak 1 Mei 2023. Album ini mencakup berbagai lagu seperti "The World Is My Oyster (2023 Ver.)," "Fearless (2023 Ver.)," "Blue Flame (2023 Ver.)," "The Hydra," "Antifragile," "Impurities," "Burn the Bridge," "Unforgiven (feat. Nile Rodgers)," "No-Return (Into the unknown)," "이브, 프시케 그리고 푸른 수염의 아내 (Eve, Psyche & The Bluebeard's wife)," "피어나 (Between you, me and the lamppost)," dan "Flash Forward Fire in the belly."
Selain itu disebutkan dari The Korea Times, girl group K-pop Le Sserafim mencapai kesuksesan luar biasa dengan single bahasa Inggris debut mereka, "Perfect Night." Lagu ini berhasil menduduki posisi teratas di acara "Show! Music Core" MBC sebulan setelah dirilis pada 27 Oktober, menjadi pencapaian signifikan sebagai kali pertama lagu tersebut mencapai posisi pertama di acara musik Korea.
"Perfect Night" adalah lagu bergenre two-step garage yang ceria, merayakan kebahagiaan berada di antara teman-teman baik, dengan anggota Le Sserafim sendiri yakni Yun-jin turut menulis liriknya. Lagu ini juga mendominasi tangga lagu mingguan Melon selama dua minggu berturut-turut hingga 3 Desember, dan berhasil mencatat pencapaian bersejarah untuk lagu berbahasa Inggris dari seorang artis K-pop girl grup di tangga lagu ini, menurut Source Music.
6. NMIXX - 1,887,482 (2 album rilis di 2023)
Girl grup K-pop NMIXX mengawali 2023 ini melakukan comeback dengan mini album perdana mereka berjudul 'expérgo' dan membawakan lagu utama berjudul 'Love Me Like This'. Dengan anggota keenam yang penuh percaya diri, NMIXX melakukan comeback ini sebagai grup beranggotakan enam orang untuk pertama kalinya sejak keluarnya Jinni pada bulan Desember tahun lalu.
"Expérgo" menyajikan 6 lagu secara keseluruhan, termasuk lagu utama "Love Me Like This". Lagu-lagu lain dalam album ini seperti yang disebutkan dari Yahoo meliputi pra-rilis "Young, Dumb, Stupid," "My Gosh," "PAXXWORD," "Baru Saja Melakukannya," dan "RUMAH". "My Gosh" khususnya ditulis oleh solois dan mantan anggota IZ*ONE Jo Yu-ri, yang sebelumnya juga turut menulis B-side "COOL (Your Rainbow)" dari album single NMIXX berjudul "Entwurf" tahun lalu.
Pada tanggal 4 Desember pukul 6 sore KST, dilansir dari GMA, NMIXX merilis single pra-rilis mereka berjudul "Soñar (Breaker)" bersama dengan video musiknya. "Soñar (Breaker)" adalah lagu yang menggabungkan genre hip hop Latin dan UK Garage, di mana "Soñar" artinya "bermimpi" dalam bahasa Spanyol. Lagu ini menyampaikan pesan tentang bermimpi perjalanan bersama. Single digital pra-rilis ini akan diikuti oleh album mendatang mereka yang berjudul Fe304: BREAK, yang dijadwalkan akan dirilis pada 15 Januari 2024.
7. (G)I-DLE - 1,672,417 total sales (1 album rilis di 2023)
(G)I-DLE membuat comeback dengan mini album terbaru mereka yang berjudul 'I Feel', serta merilis video musik untuk singel utama bertajuk 'Queencard'.
“Queencard” dipilih sebagai singel utama dari mini album "I Feel", yang dirilis pada tanggal 15 Mei 2023. Lagu ini datang setelah perilisan “Allergy,” yang berfungsi sebagai kontadiksi terhadap lagu baru tersebut dengan mengeksplorasi banyak ketidakamanan. "I Feel" adalah mini album keenam dari (G)I-DLE.
Pada tanggal 27 Mei, sekitar pukul 8 malam KST, lagu utama comeback girl grup ini mencapai posisi pertama di berbagai chart. Mini album keenam "Queencard" dan album "I Feel" awalnya dirilis pada 15 Mei.
Dilansir dari Soompi Pada tanggal 3 Juni sekitar pukul 12:15 KST, video musik terbaru (G)I-DLE untuk "Queencard" berhasil mencapai angka 100 juta penayangan di YouTube. Video musik ini pertama kali dirilis pada 15 Mei pukul 6 sore KST. Dengan demikian, mencapai angka tersebut memerlukan waktu lebih dari 18 hari dan enam jam sejak rilis awal. (Sumber: Soompi)
Diikuti oleh laporan dari Allkpop, Pada tanggal 14 Agustus KST, video musik "Queencard" (G)I-DLE melampaui 200 juta penayangan di YouTube, menarik banyak perhatian. "Queencard" adalah lagu utama dari mini album keenam (G)I-DLE 'I Feel', dan langsung meraih peringkat pertama di berbagai tangga musik setelah dirilis.