5 MV K-POP Paling Banyak Ditonton di YouTube 2023
Salah satu kunci keberhasilan sebuah artis dilihat dari sebanyak apa penonton MV (music video) atau video musik, banyak fandom berlomba-lomba melakukan streaming sebagai bentuk dukungan kepada idola kebanggaan mereka.
Bahkan, dalam beberapa penghargaan musik, jumlah penayangan MV menjadi bentuk penilaian. Di tahun 2023 ini, apa saja MV yang memiliki penayangan paling tinggi?
1. Jisoo - Flower
BLACKPINK merupakan girlgroup terbaik di dunia saat ini. Empat membernya ialah Lisa, Jennie, Jisoo, dan Rose. Selain aktif sebagai grup, para anggota BLACKPINK juga aktif sebagai solois.
Diawali debut solo Jennie dengan SOLO, yang kemudian diikuti oleh anggota lainnya yaitu Lisa, Rose, dan terakhir debut solo setelah tujuh tahun yakni Jisoo.
Dilansir dari Billboard, dalam debut Jisoo mengeluarkan projek berjudul ME yang terdiri dua lagu, yaitu Flower dan All Eyes on Me. Mengikuti penampilan vokalnya yang menonjol di lagu-lagu sebelumnya, dalam lagu Flower ini Jisoo menampilkan vokal yang ekspresif dan emosional dengan rangkaian vokal bernada tinggi pula.
Lagu Flower ini memiliki nuansa dreamy dan menampilkan bassline yang khas, dipadukan lirik yang puitis dan tempo lagu yang upbeat membuat Flowes menjadi sebuah lagu dengan paket lengkap yang luar biasa.
Diikuti dari perilisan ME, MV Flower juga melakukan premiere di akun YouTube BLACKPINK. Dilansir dari Soompi, MV Flower Jisoo mencapai 40 juta penonton dalam waktu 24 jam. Ini memecahkan rekor dengan penonton terbanyak selama 24 jam.
Selain itu, Flower juga memegang rekor sebagai MV Korea terbanyak di tahun 2023. Dilansir dari akun YouTube agensinya, YG Entertainment, total jumlahnya mencapai 431.240.224 tayangan. Saat ini, Flower menjadi yang tertinggi dari semua MV K-POP 2023 sejak rilis 23 Maret 2023.
2. Jungkook - Seven
Member BTS, Jungkook telah menandai debut solo pertamanya dengan lagu berjudul Seven. Karya ini kolaborasi rapper Latto. Lagu Seven memiliki daya tarik, liriknya menggambarkan beberapa momen intens yang terjadi antara pasangan.
Musiknya penuh energi, atmosfernya terasa sangat sejuk. Lagu ini diciptakan untuk menjadi suatu bentuk "lagu musim panas" yang datang belakangan.
Selain itu, Seven membuat Jungkook keluar dari zona nyaman menyanyikannya. Ia memilih nada yang penuh, mengurangi vibrato sehingga tercipta suara adlibs yang khas. Adlibs-nya menyampaikan rasa rindu terhadap pasangannya yang dalam, intens dan rasa ingin tetap berada disampingnya.
Kehadiran Latto dalam video klip ini juga melengkapi Jungkook. Ia dapat mempertahankan keceriaan yang menggoda yang dapat menggambarkan lagu Seven dengan baik. Energi dari Latto dan juga vokalnya melengkapi lagu ini.
MV Seven merajai berbagai tangga lagu dan YouTube. Dilansir dari Forbes, Seven menduduki peringkat teratas dalam grafik mingguan global, dalam seminggu ia telah ditonton sebanyak 83,3 juta kali.
Seven telah mencapai 291.045.973 kali tayangan di kanal YouTube YG Entertainment. MV dengan tayangan tertinggi kedua tahun 2023.
3. (G)I-DLE - Queencard
Girlgroup (G)I-DLE telah merilis EP Extended Player, atau koleksi lagu keenamnya yang berjudul I Feel, pada 15 Mei 2023. Lagu utama yang ditampilkan berjudul Queencard ditulis dan diproduksi langsung oleh anggota (G)I-DLE, Soyeon. Ia terkenal sebagai anggota yang mampu memproduksi berbagai karya musik yang luar biasa.
Dalam EP ini terdapat enam lagu yang dirilis selain Queencard juga terdapat Allergy, Lucid, All Night, Paradise, dan Early Adult.
Tidak hanya Soyeon saja yang berpartisipasi dalam pembuatan lagu pada EP ini, anggota (G)I-DLE lainnya, Soyeon juga terlibat dalam Queencard, Allergy, Lucid, dan Early Adult.
Minnie menyusun dan menulis lirik untuk Lucid dan All Night, dan Yuqi mengerjakan All Night dan Early Adult.
Hal lain yang membuat Queencard ini spesial adalah liriknya berisi ajakan dan upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang, yang seringkali merasa rendah diri dan tidak pernah berhenti membandingkannya dengan orang lain, seperti yang telah dilansir dari Korea Times.
Queencard mendapatkan perhatian yang sangat besar sehingga menjadi MV ditonton 270.209.946 kali di kanal YouTube CUBE Entertainment. Ini menjadi video musik girlgroup tertinggi tahun ini, dan MV K-Pop terbanyak ketiga 2023.
4. NewJeans - OMG
Girlgroup rookie hit di bawah agensi ADOR, NewJeans merilis lagu yang berjudul OMG. Lagu campuran hiphop dan R&B. Isi lagunya tentang kekaguman terhadap seseorang yang ditemui pada musim dingin.
Pada album ini, lagu OMG'l diikuti oleh bside yang tidak kalah menarik perhatian audiens yang sudah rilis di YouTube pada Desember lalu.
Dilansir dari Korea Joon Gang, lagu yang juga berisi mengenai keinginan bersama seseorang namun terhalang oleh emosi canggung dan juga hati-hati, jadi daya tarik lagu ini. Memiliki konsep yang sama dengan lagu-lagu NewJeans sebelumnya mengenai kisah pertumbuhan dan tumbuh bersama dengan keadaan.
Dengan judul lagu utama dan EP yang sama, OMG merupakan lagu yang menarik yang memadukan ritme ‘UK Garage’ dan ritme trap bersumber drum hip-hop dan perkusi.
Menurut distributor album YG Plus, pre-order untuk New Jeans OMG mencapai 800.000 kopi. Selain penjualan fisik yang tinggi, saat ini OMG' memiliki jumlah penayangan yang sangat banyak untuk rookie. Bahkan menjadi top 5 tertinggi di seluruh video musik K-Pop sebanyak 189.504.018 kali penayangan.
5. IVE - I AM
Girlgroup IVE merilis album studio pertamanya, I've IVE pada 10 April 2023. Lagu utama I AM. IVE juga merilis lagu pra-rilis yang berjudul Kitsch dan sembilan lagu lainnya, termasuk Blue Blood. Lagu ini sudah pernah mereka bawakan di konser pertama The Prom Queens, Februari 2023 lalu.
Member IVE juga mengambil peran penting dalam proses produksi lagu-lagu di album I've IVE ini. Dilansir dari NME, lagu Heroine dan Shine With Me liriknya ditulis sendiri oleh An Yu-jin dan Jang Won-young.
Rapper Gaeul dan Rei juga membuat rap untuk Kitsch, Hypnosis, NOT YOUR GIRL, dan Next Page.
Visual yang baru pada adegan-adegan MV menjadi daya tarik. Menampilkan member IVE sedang berjalan dengan percaya diri melewati rumah mewah dan terbang dengan jet pribadi.
Mereka juga pamer tas dan sepatu mewah. Pemandangan ini memanjakan mata para fans. Ada juga peragaan busana untuk koreografi utamanya. Tidak heran video musik ini memiliki jumlah penayangan yang sangat tinggi yakni hingga 187.479.881 penayangan yang menandakan keberhasilan album studio IVE produksi STRSHIP Official.