5 Hari, Pendaftaran Seleksi Mandiri UGM di Surabaya Sudah Ditutup
Antusiasme untuk mengikuti Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru Universitas Gajah Mada (UGM) di Surabaya ternyata tinggi. Ini terbukti dengan hanya 5 hari sejak pendaftaran dibuka, kuota 1000 peserta seleksi yang akan diselenggarakan di kota ini langsung terpenuhi.
''Sejak Sabtu (15/6/2019) sore, pendaftaran peserta yang mengikuti ujian tertulis di Surabaya sudah ditutup. Ternyata, yang berminat jauh dari kuota yang diberikan panitia seleksi mahasiswa baru,'' kata Ketua Panitia Lokal Ujian Tulis Seleksi Mandiri UGM di Surabaya, Gitadi Tegas Supramudyo, MSi kepada ngopibareng.id.
Mulai tahun ini, Ujian Tulis (Utul) Seleksi Jalur Mandiri UGM juga diselenggarakan di Surabaya. Pendaftaran jalur ini dibuka 11 Juni sampai dengan 1 Juli 2019 dengan mengunakan kombinasi nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan nilai ujian tertulis. Ujian tertulis akan diselenggarakan pada 14 Juli 2019.
Untuk pelaksana lokal Seleksi Jalur Mandiri diserahkan kepada Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada) Jawa Timur. Sedangkan pendaftaran tetap dilakukan secara terpusat secara online. Menurut rencana, Utul Jalur Mandiri akan bertempat di SMA Alhikmah Surabaya.
Peserta seleksi lewat jalur ini adalah siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Peserta bisa memilih tiga program studi (prodi) pilihan program Sarjana dan/atau Diploma sesuai kelompok UTBK yang telah diikuti.
Ada tiga kelompok jenis ujian. Yakni Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Campuran (Saintek dan Soshum).
Jadwal seleksi
1. Pendaftaran online pada 11 Juni-1 Juli 2019.
2. Pembayaran dilakukan sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.
3. Pengecekan kartu tes pada 5 Juli 2019.
4. Ujian tertulis pada 14 Juli 2019.
5. Pengumuman dilakukan pada 23 Juli 2019.
Peserta dapat memilih lokasi ujian tertulis yang akan diadakan di lima kota, yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Pekanbaru. Jika sudah memilih lokasi ujian, peserta tidak dapat pindah ke lokasi lain.
Syarat seleksi
1. Syarat umum:
Peserta adalah lulusan SMA/SMK/MA, atau sederajat, atau paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.
Peserta memiliki sertifikat hasil UTBK.
Peserta memiliki kesehatan tubuh yang prima agar nantinya proses belajar mengajar berlangsung lancar sesuai pilihan program studi.
2. Syarat khusus:
Peserta lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah.
Peserta lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki surat keterangan lulus (SKL) berisi identitas diri dan foto terbaru, disertai cap atau stempel sekolah atau lembaga penyelenggara Paket C yang sah.
SKL wajib dibawa saat mengikuti ujian tertulis.
Biaya pendaftaran
1. Saintek: Rp 300.000
2. Soshum: Rp 300.000
3. Campuran: Rp 325.000
Biaya pendaftaran tersebut bisa dibayar di bank yang telah ditentukan pihak UGM. Perihal dokumen dan prosedur pendaftaran, peserta dapat memperoleh informasi lengkap melalui ke um. ugm.ac.id. Sedangkan untuk peserta Utul di luar kota Jogjakarta ditambah dengan biaya pelaksanaan. (Alf)
Advertisement