5 Fakta Kemacetan Bundaran Waru Imbas PSBB Surabaya
Hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya, Selasa, 28 April 2020, menjadikan kemacetan panjang terjadi di Bundaran Waru Surabaya.
Pantauan Ngopibareng.id, kemacetan Bundaran Waru terjadi di depan Mall City Of Tomorrow (Cito) mengekor hingga beberapa kilometer. Bahkan kemacetan sudah terjadi sejak pukul 06.00 WIB dan hingga pukul 10.00 WIB atau lebih dari empat jam, kemacetan masih belum bisa terurai.
Kemacetan di Bundaran Waru bahkan menjadi trending di Twitter. Hastag #Waru dan #BundaranWaru, jadi trending di Twitter Indonesia.
Bundaran waru adalah sebuah lingkaran pertemuan tiga jalan utama masuk Surabaya yakni jalan Raya Sidoarjo, Jalan Raya Mojokerto serta Jalan Tol. Ketiga jalan ini bertemu di Bundaran Waru sebelum masuk ke Kota Surabaya.
Meski dinamakan bundaran Waru, sejatinya bundaran jalan ini berada di Kecamatan Gayungan Surabaya dan bukan berada di Wilayah Waru, Sidoarjo.
Berikut beberapa fakta Kemacetan Bundaran Waru:
1. Hari Pertama PSBB
Kemacetan di Bundaran Waru Surabaya akibat penerapan hari pertama PSBB Surabaya. Di Surabaya, PSBB dimulai hari ini, Selasa, 28 April 2020. Selain Surabaya, Gresik dan Sidoarjo juga menerapkan PSBB di hari yang sama.
2. Checkpoint Utama Masuk Surabaya
Bundaran Waru adalah pintu utama masuk Surabaya sekaligus dijadikan checkpoint utama PSBB Surabaya. Seluruh pengendara akan diperiksa dan diminta keterangan maksud dan tujuan masuk ke Surabaya. Yang tak lolos pemeriksaan, langsung diminta putar balik.
3. Tiga Jalur Utama Bundaran Waru Macet
Bundaran Waru merupakan pertemuan tiga jalur utama masuk Surabaya. Jalur pertama merupakan Jalan Raya dari arah Sidoarjo. Di jalur pertama ini, kemacetan mengekor hingga Bundaran Aloha atau gerbang ke arah Bandara Juanda yang berjarak sekitar 3 KM dari Bundaran Waru.
Sedangkan jalur kedua adalah jalur jalan raya dari Mojokerto. Di jalur ini, kemacetan mengekor hingga Pertigaan Sepanjang atau berjarak sekitar 3 KM dari Bundaran Waru.
Sedangkan kemacetan ketiga dari jalur jalan Tol. Pintu keluar Tol di Bundaran Waru sampai macet memanjang hingga ke KM 15.
4. Pengendara Diperiksa dan Disemprot
Di Bundaran Waru, para pengendara berplat selain L dan W (Plat Surabaya dan Sidoarjo, Gresik) akan diperiksa terkait penerapan PSBB Surabaya. Pemeriksaan di antaranya terkait penggunaan masker, jumlah penumpang dan tujuan masuk ke Surabaya. Mereka juga diminta menunjukkan surat keterangan kerja. Selain itu, pengendara juga akan disemprot disinfektan. Pemeriksaan inilah yang menjadikan kemacetan panjang terjadi di Bundaran Waru.
5. Diperkirakan 580 Ribu Kendaraan di Bundaran Waru
Menurut Surabaya Intelligent Transportation System (SITS) Dinas Perhubungan Kota Surabaya, jumlah pengendaran yang masuk ke Surabaya melalui Bundaran Waru diperkirakan masih dikisaran 580 ribu perhari. Angka ini perkiraan karena selama sepekan terakhir ternyata hanya ada penurunan jumlah kendaraan 8,12 persen.