22 Layanan Perizinan di Sidoarjo Bisa Diurus lewat Aplikasi
Sebanyak 22 layanan dan perizinan tingkat desa dan kecamatan di wilayah Kabupaten Sidoarjo, kini bisa diakses menggunakan teknologi dalam jaringan (daring). Terobosan ini dilakukan oleh Pemkab Sidoarjo selama pandemi Covid-19.
Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sidoarjo Imam Mukri Afandy mengatakan jika 22 layanan yang bisa dicetak secara mandiri oleh pemohon, bisa dilakukan dengan mengurus melalui aplikasi sistem pelayanan rakyat Sidoarjo (Sipraja) yang bisa diunduh di play store.
"Dari 22 layanan tersebut dibagi tiga tipe, pertama adalah tipe layanan A yakni surat keterangan lahir, surat kematian, surat keterangan (SK) tidak mampu dari desa, SK biodata penduduk, SK umum dari desa dan SK domisili usaha," katanya.
Sedangkan, untuk layanan cetak mandiri tipe B meliputi surat pengantar SKCK, surat pengantar KTP, surat pengantar KK, surat keterangan pindah, surat keterangan umum kecamatan (untuk rumah sakit, untuk keringanan PLN, untuk dinas sosial dan untuk keringanan biaya pendidikan), SKTM kecamatan.
Layanan cetak mandiri tipe C meliputi surat izin usaha mikro kecil, surat izin mendirikan bangunan (IMB) 200m2, IMB diatas 200m2 atau dua lantai maksimal 400m2 kartu AK1, IUMK baru, IUMK perpanjangan, IUMK perubahan dan TDU Mikro, kartu pencari kerja. Layanan cetak mandiri Sipraja, mulai efektif serentak di 18 kecamatan serta desa atau kelurahan di Kabupaten Sidoarjo.
Dengan sistem ini, masyarakat bisa mencetak sendiri surat yang sudah ditandatangani secara elektronik oleh camat maupun kepala desa atau lurah tanpa harus ke kantor desa atau kecamatan.
Sementara itu, lanjut dia, keunggulan lainnya masyarakat bisa memantau langsung proses pengajuan suratnya. Masyarakat akan mendapat pemberitahuan berupa SMS dari Sipraja, jika surat mereka telah ditandatangani secara elektronik oleh perangkat desa atau kecamatan. Sehingga warga bisa mencetaknya secara mandiri di tempat masing-masing.
Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin berharap, masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini. (Ant)