20 Tahun Warga Tambak Dalam Surabaya Tak Dialiri Air PDAM, Solusi Master Meter
Walikota Surabaya, Eri Cahyadi telah meresmikan master meter Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada, bertempat di Jalan Tambak Dalam Baru Gang IX, Kecamatan Asemrowo, Surabaya. Setelah 20 tahun, kini ratusan warga Tambak Dalam bisa menikmati aliran air PDAM.
Master meter merupakan metode pelayanan sambungan air yang berbasis komunitas melalui satu meter induk yang kemudian didistribusikan ke rumah warga. Master meter merupakan pemberian akses air bersih melalui meter besar yang nantinya pengelolaannya dilakukan oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM).
Eri Cahyadi mengatakan, di kawasan Jalan Tambak Dalam seharusnya 500 KK sudah terdistribusi air PDAM, namun yang baru menerima 265 KK. Oleh sebab itu, ia meminta PDAM untuk menuntaskan pekerjaan ini hingga Juni 2024.
“Sisanya akan diselesaikan sampai dengan bulan Juni 2024. Nanti bulan Juni, saya ke sini lagi, Insya Allah semoga sudah terpasang semuanya sehingga warga Surabaya bisa merasakan air PDAM,” jelas Eri Cahyadi, Rabu 8 Mei 2024.
Walikota bersyukur, akhirnya kawasan Jalan Tambak Dalam akhirnya teraliri air PDAM melalui program master meter. Terdapat beberapa tempat yang belum teraliri air PDAM, namun bukan berarti PDAM tidak memasang di tempat tersebut, melainkan memang terkendala aturan yang tidak diperbolehkan.
“Di sini sudah 20 tahun lebih tidak teraliri air PDAM. Diskusilah saya dengan Dirut PDAM, bisa tidak menggunakan master meter PDAM? Ternyata Mas Wisnu (Dirut PDAM) bergerak menggunakan master meter PDAM. Jadi warga yang selama ini belum bisa merasakan air PDAM, alhamdulillah mulai detik ini bisa merasakannya,” ungkap Eri Cahyadi.
Pemkot Surabaya bersama PDAM Surya Sembada akan terus mencari tempat-tempat yang belum teraliri air PDAM dan berkomitmen untuk segera mencari solusi untuk mengatasi persoalan tersebut.
“Insya Allah kita carikan solusi tanpa melanggar hukum. Karena saya sudah menyampaikan kepada Dirut PDAM bahwa seluruh wilayah di Surabaya harus teraliri air, rumah-rumah yang di Surabaya yang puluhan tahun belum teraliri maka harus teraliri air,” jelas dia.
Sementara itu, Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Arief Wisnu Cahyono mengatakan, master meter ini adalah sebuah sistem yang memungkinkan PDAM untuk melayani pelanggan, yang secara administrasi tidak dapat dilayani Pasang Baru PDAM.
“Dengan master meter ini, PDAM memastikan distribusi air yang merata dan efektif di seluruh Kota Surabaya. Selain itu, PDAM juga berkomitmen untuk memastikan kelangsungan layanan yang optimal bagi seluruh pelanggan,” kata Arief Wisnu.
Hingga saat ini, Arief Wisnu menyampaikan bahwa PDAM sudah memasang master meter di 220 titik dan tercatat total penerima manfaat sebanyak 10.266 KK.
“Kalau di Tambak Dalam mencapai 500 KK, jadi selama ini mereka membeli air sebesar Rp 30.000 per kubik. Dengan adanya master meter ini hanya (membayar) Rp5.000 per kubik,” imbuh Wisnu.
Nantinya, PDAM akan terus melakukan monitoring terhadap pelayanan sambungan air yang berbasis komunitas melalui satu meter induk, yang kemudian didistribusikan ke rumah warga. Karenanya, PDAM akan terus berkoordinasi dengan KSM di tiap lokasi yang terpasang master meter.
“Fungsi KSM ini untuk memastikan para warga memakai air dengan cara yang benar, tidak dijual lagi. Air dari meter induk dialirkan khusus di wilayah KSM tersebut. Itu termonitor satu-persatu penerima manfaatnya,” tegasnya.
Arief juga menerangkan, secara administrasi, seluruh pelanggan PDAM sudah 100 persen teraliri air. Hanya saja, masih terdapat beberapa tempat yang secara administrasi tidak dapat dilayani Pasang Baru PDAM. Di tahun ini, kurang lebih terdapat lima lokasi yang akan dipasang master meter PDAM.
“Kita jemput bola, tapi tidak bisa mendeteksi satu-persatu. Maka kita selalu berkoordinasi dengan lurah dan camat, mencari lokasi yang tidak memungkinkan untuk di pasang PDAM secara reguler,” terangnya.
Sementara itu, perwakilan warga di kawasan Jalan Tambak Dalam Surabaya, Muhammad Wahyudi bersyukur dengan adanya pemasangan master meter PDAM ini. Sebab selama 20 tahun, warga di kawasan Jalan Tambak Dalam Surabaya, tidak dapat mengakses air bersih yang mudah dan nyaman.
“Atas terpasangnya master meter ini bagi 265 penerima manfaat, saya mewakili warga Tambak Dalam Baru dan Tambak Dalam Permai mengucapkan terima kasih kepada Bapak Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan PDAM karena program ini sangat dibutuhkan warga,” ungkap Wahyudi.
Advertisement