107 Negara Berebut Pasar Wisatawan China, Wow Tenan
Untuk urusan pariwisata, wisatawan asal China menjadi target utama banyak negara. Boleh dikata rebutan, hingga 107 negara. Boleh juga maklum, mereka jadi rebutan karena masyarakat China dikenal rajin keluar negeri.
Bahkan kalau ke luar negeri dengan jumlah besar. Tak heran jika gelaran China Internasional Travel Mart (CITM) 2018 lalu diikuti banyak negara.
CITM 2018 dipusatkan di Shanghai New International Expo Center (SNIEC). Ada 107 negara tampil sebagai peserta.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, CITM memiliki potensi mendatangkan devisa negara sebesar USD 55,1 juta. Sebab itu Kemenpar juga berusaha membidiknya. Bidikan itu melalui program business to business dan business to consumer.
“Seperti Indonesia, negara lain pun tertarik dengan CITM 2018. Tak heran, kali ini pesertanya membludak. Padahal, tahun lalu hanya diikuti 50 negara, dan 30 negara pada tahun 2016,” ujarnya.
Adapun negara-negara yang tertarik dan hadir pada gelaran CITM 2018 antara lain dari Afrika ada Gambia, Kenya, Marocco, Zimbabwe dan Afrika Selatan. Dari Amerika ada Brazil, Canada, Chile, Mexico, Peru dan United States.
Kemudian dari benua Eropa, antara lain ada Prancis, Jerman, Belanda, Denmark, Italia, Rusia, Spanyol, Norwegia, Polandia, Switzerland, dan lain-lain. Sementara dari Asia sendiri, selain Indonesia ada Malaysia, Singapore, Jepang, Thailand, Myanmar, Laos, Srilanka, Korea, dan lain-lain. Termasuk juga India, Pakistan dan Turki. Tak ketinggalan ada pula Australia.
Dengan partisipasi negara-negara tersebut, Arief semakin yakin bahwa market di sini sangat menjanjikan. Selain pesertanya yang meningkat dua kali lipat, jumlah target transaksinya pun naik signifikan dari tahun sebelumnya. Wajar saja jika kemudian CITM 2018 membidik 70.000 pengunjung dan 2.000 exhibitors.
Dari Indonesia, Kemenpar melibatkan 40 industri dan 10 Dispar. Ada dua maskapai yang memperkuatnya, yaitu Garuda dan Sriwijaya. Untuk Travel Agent/Tour Operator, sedikitnya ada 27 nama yang berasal dari 10 provinsi.
Karena itu, Arief sangat menyayangkan adanya polemik berkepanjangan terkait “Zero Dollar Tour”. Sebab, dampaknya sangat serius terhadap kunjungan wisman ke Bali. Padahal, berdasarkan Online Travel Agent (OTA) terbesar di Tiongkok, Bali menduduki peringkat 1, The Best Honeymoon Destination 2018.
Untuk menempatkan Bali pada posisi seperti sekarang, tentu bukan hal mudah. Arief bahkan harus melakukan strategi promosi untuk pasar China dengan kombinasi Branding, Advertising, dan Selling (BAS). Sayang sekali jika kemudian reputasi Bali digerus dengan polemik “Zero Dollar Tour”.
“Saya sudah ingatkan, jangan biarkan gaduh berkepanjangan. Pariwisata itu industry hospitality, bisnis yang mengedepankan keramah-tamahan. Kalau masalahnya business to business, selesaikan di level asosiasi,” tegasnya.
Arief khawatir, situasi ini akan dimanfaatkan atau ditunggangi oleh kompetitor Bali dan sekaligus kompetitor Wonderful Indonesia. Para kompetitor bisa saja memprovokasi agar turis Tiongkok tak lagi ke Bali dan berbelok ke negara lain. Karena itu, semua harus cerdas menyikapi permasalahan ini. Jangan biarkan kegaduhan ini merusak iklim industri pariwisata Indonesia.
Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, Menpar Arief sudah berkoordinasi dengan Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (ASITA) agar bertemu dengan China National Tourism Association (CNTA), dan membuat “White List Tour Agencies – Tour Operators.”
Sementara itu, Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun mengatakan, pariwisata itu tidak ada perang. Semua happy, semua gembira. Bahkan, USA saja bangun booth besar di arena CITM 2018, meskipun mereka sedang terlibat perang dagang.
Djauhari mengungkapkan, ada 150 juta outbounds China dan terus naik setiap tahunnya. Mereka memiliki capital, hobi belanja dan makan. Mereka juga penggemar pantai, wisata bahari dan budaya. Selama ini, ia pun berkreasi untuk menarik wisatawan China ke Indonesia.
“Kita jangan sampai kalah dengan negara-negara tetangga. Mereka sangat aktif dan agresif mempromosikan destinasinya. Contohnya Thailand yang menjadi sparing partner dan sekaligus musuh profesional Malaysia juga pernah punya masalah dengan China, tapi mereka cepat menuntaskan itu. Tanpa harus gaduh,” tukasnya.
Negara Asia lain yang perlu dicontoh ada Hongkong dan Macau. Keduanya berusaha keras dan melakukan promosi pariwisata besar-besaran untuk mencari pasar China. (*)